Sinema Bentara DESEMBER KE JOGJA dan SCIENCE FILM FESTIVAL

Jumat – Sabtu, 20 – 21 Desember 2013, Pukul 17.00 Wita – selesai

 

Sinema Bentara_logoffdTema Desember ke Yogya dipilih Bentara Budaya dan komunitas Festival Film Dokumenter Yogya untuk mengingat kembali momen-momen bulan Desember di Yogyakarta dalam tiga tahun terakhir. Momen yang menandai garis waktu sejarah film dokumenter di Indonesia melalui pelaksanaan Festival Film Dokumenter (FFD).

FFD telah berlangsung sejak tahun 2002 di Yogyakarta. Ia merupakan festival film pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang khusus menampilkan film dokumenter. FFD dilaksanakan secara rutin tiap bulan Desember. Sepanjang 12 tahun penyelenggaraannya, FFD telah menciptakan ruang-ruang bagi eksibisi maupun produksi, apresiasi dan sosialisasi film dokumenter.

Karakter utama film dokumenter adalah mendokumentasikan realitas. Melalui kacamata pembuat film, realitas didokumentasikan seperti yang sesungguhnya terjadi. Berbagai persoalan dan peristiwa dapat direkam. Seperti dokumentasi awal yang dilakukan dua bersaudara dari Perancis penemu film Auguste dan Louis Lumière yang merekam realitas seperti kereta api masuk ke stasiun, perahu menambat di galangan dan barisan buruh keluar dari pabrik.

Dalam perkembangannya, film dokumenter bisa menjadi medium untuk merekam dan mengungkap hal-hal tak kasat mata yang ada di balik realitas. Film Black Gold (2006) yang mengungkap eksploitasi terhadap petani kopi di negara berkembang, berhasil memaksa Starbucks mengubah kebijakannya dan mempertimbangkan modus fair trade dalam berbisnis.

Tujuh film dokumenter yang disajikan bulan ini adalah film-film finalis FFD dari tahun 2010 – 2012, antara lain :

  1. Music For a Film (2010)

Darwin Nugraha|ECCO Film Indonesia|20’

 

Empat orang pemuda yang tergabung dalam sebuah band diminta oleh seorang pembuat film dokumenter, Leonard Retel Helmrich, untuk membuat musik untuk salah satu adegan dalam film terbarunya. Film ini mengisahkan proses pembuatan musik tersebut.

 

  1. Maaf Bioskop Tutup (2010)

Ardi Wilda Irawan | Ode | 18’

 

Terhitung sejak 1 Agustus 2010 Bioskop Permata menyatakan diri tutup. Tutupnya bioskop ini menambah deret panjang matinya bioskop kelas dua di Yogyakarta. Kerugian dan distribusi film yang tidak menguntungkan menjadi alasan utama tutupnya bioskop ini. Dengan tutupnya Permata maka bioskop kelas dua di Yogyakarta hanya menyisakan Bioskop Indra yang terletaknya di Jalan Malioboro.Tutupnya Bioskop Permata dan segera disusul dengan Bioskop Indra membuat kota Jogja tak lagi memiliki bioskop kelas dua.

  1. Kembali Merajah Mentawai (2011)

Rahung Nasution | 30’

 

Merupakan satu upaya pendokumentasian tato tradisi Mentawai dengan dinamika persoalan budaya dan politik. Dokumenter ini men-capture perjalanan Durga, sebagai seniman tato, yang sejak 2009 sampai 2011 berkunjung ke pedalaman Siberut untuk mengumpulkan motif – motif tato Mentawai yang hampir punah, sekaligus melakukan investigasi dan kolaborasi dengan ‘dukun-dukun’ tato yang masih tersisa di kepulauan itu.

 

4.   Bukit Bernyawa (2011)

Steve Pillar Setiabudi | Espees Pictures Production | 16’

 

Ini adalah sekilas tentang kehidupan keluarga Desa Srunen berlatar peristiwa letusan gunung Merapi tahun 2010. Manusia tidak dapat dipisahkan dari alamnya, gambar rekaman sebelum dan sesudah erupsi menjadi ilustrasi bahwa kehidupan dapat dimulai kapanpun.

 

5.    Lima Menit Lagi Ah Ah Ah (2012)

Sammaria Simanjuntak & Sally Anom Sari | Kalyana Shira Films | 30’

 

Hidup Ayu Riana (12) berubah setelah memenangkan kontes idola dangdut di televisi. Dia menjadi tulang punggung keluarga dan impian orang-orang disekitarnya. Inikah hidup yang dia impikan?

 

6.   Young Man and The Sea (2012)

Yusron Fuadi | Akasara Film | 32’

 

Seorang filmmaker memutuskan bekerja di kapal pesiar, menceritakan opininya tentang kehidupan konsumerism dan hedonistic di kapal. Sampai akhirnya dia mengakhiri kontraknya dengan cara yang radikal dan menepati janji dan mimpinya untuk kuliah lagi.

 

7.    Kematian di Jakarta (Lagi) (2012)

Ucu Agustin | Ucu Agustin | 12’

 

Kekerasan adalah hal yang identik dengan kota besar. Banyak yang disembunyikan Jakarta, salah satunya kematian mereka yang tak memiliki identitas. Kematian di Jakarta [lagi], menyorot salah satu bagian kekerasan kota yang kerap luput dari perhatian: Kematian mereka, manusia-manusia yang tak dikenal.

 

Sementara itu, Science Film Festival merupakan program yang digagas oleh Goethe Institut.  Tahun ini merupakan tahun keempat penyelenggaraannya, mengambil tema “Energi Terbarukan Untuk Semua”. Film-film yang akan diputar berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia, yang telah lolos seleksi oleh dewan juri internasional. Program ini terselenggara atas kerjasama dengan Goethe Institut,  Marketing Communication Kompas Gramedia dan Bentara Budaya .

Film-film yang akan diputar antara lain :

1.   Nine and a Half : A Sea of Plastic

Jerman | 2012 | 10’

 

Ada banyak sampah plastik yang terapung di lautan kita. Sebagian berasal dari kapal yang membuang sampahnya ke laut. Tapi turis juga sering membuang sampah ke laut. Dan di sanalah sampah tersebut berada untuk waktu lama. Misalnya sebuah botol plastik membutuhkan 450 tahun untuk terurai. Apa dampak bagi kehidupan hewan di laut? Mengapa kita tak bisa melihat sebagian besar sampah-sampah itu?

 

2.    Dandelion – Laser: -Hunt for the Lightsaber

Jerman | 2012 | 25’

Pembawa acara Fritz Fuchs menjanjikan anak tirinya sebuah pedang sinar super untuk pesta fantasinya. Tapi pedang Sinar yang dibeli Fritz rusak dan penggantinya hilang dicuri. Siapa yang tega berbuat seperti itu? Dan mengapa Keks, anjingnya, tidak melihat pencurinya?

3.    I Got It! Mr. Poops and I

Malaysia | 2012 |10’

 

Kotoran dibuang ke dalam toilet, itu sudah jelas. Tapi apa yang terjadi saat kita menyiramnya, kemana perginya kotoran itu? Mr Poops mengajak kita bertualang melewati tempat pengolahan limbah dan memberi pengetahuan mengapa manusia menciptakan toilet. Dengan tur pendek kita menjelajah sejarah dan melihat bagaimana manusia mengatasi masalah buang air besar dari berbagai masa dan tempat.

 

4.    7 Wonders

Jerman | 2010 | 25’

 

Thomas dan Kapten Nelson mencari keajaiban energi dengan kendaraan ekspres mereka The Wild Lola. Perjalanan membawa mereka ke Islandia, tempat mata air panas digunakan secara unik.

 

5.      My Friend Tamtam

Hungaria-Malaysia-Jerman | 2012 | 12’

 

Walaupun berbeda, FF si lalat dan Tamtam si badak berteman baik. Mereka mencintai hutan tropis, alam, kotoran dan bau lumpur. Namun kisah mereka tidak sebahagia tampaknya, sebab spesies Tamtam sedang menghadapi ancaman kepunahan. Badak Sabah kini hanya berjumlah kurang dari 50 ekor di seluruh dunia. Sekelompok ahli dari Institut Kebun Binatang dan Riset LIngkungan Hidup Leibniz datang membantu.

 

 

6.    The Adventure of Banyu and Elektra : Switching on The City

Indonesia | 2012 | 10’

 

Ini adalah kisah animasi Banyu dan sahabatnya, Elektra. Kota tempat Banyu tinggal sering mengalami pemadaman listrik. Banyu dan Elektra dengan bantuan Ion harus menemukan jawabannya dan mengeksplorasi sumber energi baru untuk mencukupi kebutuhan listrik kotanya. Ternyata pemadaman itu disebabkan oleh pemakaian energi yang tidak efisien.

 

Jumat, 20 Desember 2013

17. 00 – 17.20             : A Music For Film

17.20 – 17.40              : Maaf Bioskop Tutup

17.40 – 18.10              : Kembali Merajah Mentawai

18.10 – 19.00              : Break & Diskusi Film

19.00 – 19.10              : Nine and a Half : A Sea of Plastic

19.10 – 19.35              : Nine and a Half : A Sea of Plastic

19.35 – 19.45              : I Got It! Mr. Poops and I

19.45 – 19.55              : The Adventure of Banyu and Elektra : Switching on The City

 

Sabtu, 21 Desember 2013

17.00 – 17.16              : Bukit Bernyawa

17.16 – 17.46              : Lima Menit Lagi, Ah, Ah, Ah

17.46 – 18.18              : Young Man and The Sea

18.18 – 18.30              : Kematian di Jakarta (Lagi)

18.30 – 19.30              : Break & Diskusi Film

19.30 – 19.55              : 7 Wonder

19.55 – 20.07              : My Friend Tamtam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s