Bali Tempo Doeloe #6 CITRA DALAM SINEMA

Sabtu, 14 Desember 2013, Pukul 18.30 Wita – selesai

 

Bali Tempo Doeloe #6-2Melalui aneka ragam narasi visual, sinema terbukti kuasa membentuk citra atas berbagai hal, termasuk di antaranya persepsi publik atas kehadiran pulau Bali. Sejak dibukanya kebijakan baliseering, bertujuan menjadikan Bali sebagai the living museum lewat upaya-upaya pelestarian kebudayaan—serta pula ditunjang gencarnya promosi turistik—pulau ini pun menarik minat para peneliti, antropolog, musisi, seniman serta para pakar lain untuk datang dan mendokumentasikan beberapa sisi kulturalnya. Sebut saja Margared Mead, Gregory Bateson, Miguel Covarrubias, Nikola Draculic dengan Sidney Caroll, Colin McPhee bersama Jane Belo, Walter Spies, dan sebagainya, masing-masing merekam Bali dalam rupa sinema yang ternyata kelak terbukti mengubah wajah citra Bali.

Bali Tempo Doeloe #6 akan mengulas perihal sejauh mana peran sinema dalam mendorong proses alih-persepsi atas Bali, dari pulau gelap (the island of dark) dengan kebudayaan yang terkesan jauh dari peradaban kemajuan menjadi The Paradise Island. Sinema yang ditampilkan adalah karya Miguel Covarrubias, Le isle Bali (Pulau Bali), serta sebuah film narasi-bisu karya Henri de la Falaise dan Gaston Glass, berjudul Legong: The Dance of The Virgin (1935), yang didistribusikan di Amerika Serikat oleh DuWolrd Pictures dan Paramount International untuk negara luar USA.

Selain mencermati peran film dalam membentuk citra Bali, diskusi juga akan membandingkan perkembangan sinema di pulau ini selama beberapa kurun waktu, baik yang diciptakan oleh para sineas Barat ataupun sineas Bali kini, dengan tujuan untuk melihat sejauh mana perubahan perspektif atas Bali yang berlangsung.

Dialog akan mengundang sejumlah pembicara dan penanggap, mengingat forum ini lebih dikedepankan sebagai sarasehan serta diskusi akrab yang memungkinkan para ahli dan penyimak lintas bidang untuk terlibat.

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s