Sandyakala Sastra #35 ABU BAKAR: SEPUTAR PUISI, CERPEN & TEATER

Minggu, 24 November 2013, Pukul 18.30 Wita – selesai

Buku Abu BakarSebagai seniman, Abu Bakar bukan saja berekspresi melalui panggung, namun juga bahasa. Maka ia dikenal sebagai cerpenis, dan penyair yang karya-karyanya sarat muatan kritik sosial namun tetap kontemplatif. Pada usianya yang menjelang 70 tahun, tepatnya dilahirkan 1 Januari 1944 di Denpasar, pendidiri teater Poliklinik ini masih terus berproses dan mendedikasikan hampir seluruh waktunya untuk bereskrepsi melalui seni pertunjukan, sastra dan juga film, serta tak ketinggalan fotografi.

Melalui Sandyakala Sastra #35, kita akan menyaksikan nomor-nomor pendek seni panggung, pembacaan cerpen dan puisi, serta  diskusi perihal proses kreatif serta sikap berkesenian Abu Bakar.

Karya-karya Abu Bakar antara lain Wanita Batu (Monolog, 2006), Bali Menangis (sinetron, 2004), Komedi Hitam, dll. Selain mencipta banyak karya, Abu Bakar telah menggarap pertunjukan-pertunjukan yang dihadirkan hingga ke luar negeri di antaranya, bersama kelompok teater dari Perancis pentas keliling Indonesia membawakan naskah Mayora (1980) dan kolaborasinya dengan Ikranegara pada pertunjukan Berani-Beraninya Menunggu Godot di Amerika (1990), serta telah berkeliling ke berbagai kota di Indonesia mementaskan berbagai naskah drama dan teater. Pada tahun 2013 ini Abu Bakar menerbitkan buku kumpulan cerpennya berjudul ‘Tuhanku Kupu-Kupu’ dan ‘Amerika di Balik Jendela’. Karyanya yang lain, Lukamu Dukaku (naskah sinetron, 1993), Surat Cinta (cerpen), Menunggu (novel), dan lain sebagainya.

Sebagai kreator panggung, Abu Bakar terus melakukan eksplorasi akan bentuk, termasuk belakangan ini menghadirkan pertunjukan-pertunjukan ‘teater rumahan’ yang memanfaatkan ruang-ruang di kediamannya di Jl. Sakura Denpasar sebagai panggung dan setting pementasan. Misalkan ‘Kereta Kencana’ (2012) dan Indonesia Luka (2012).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s