Pameran Seni Rupa JATIM ART NOW#3

Pembukaan : Jumat, 15 November 2013, Pukul 18.30 Wita

Pameran untuk umum : 16 – 25 November 2013, Pukul 10.00 – 18.00 Wita

Diskusi seni rupa : 16 November 2013, Pukul 18.30 Wita – selesai

Pameran Jatim Art NowSebuah pameran seni rupa kontemporer bertajuk  “Jatim Art Now”, mempresentasikan citra kekinian (now), yang mengedepankan perkembangan dan capaian terkini para perupa Jawa Timur. Identitas kedaerahan yang hendak ditampilkan sesungguhnya bukan sesuatu yang bersifat ketat dan mengikat, melainkan lebih mencerminkan upaya-upaya perupa untuk memaknai kekinian. Adapun kesamaan asal wilayah lebih ditekankan pada mereka yang sepanjang karir atau untuk waktu tertentu pernah tinggal dan berkesenian di wilayah ini. Termasuk di dalamnya adalah mereka yang lahir di Jawa Timur namun eksistensi keseniannnya tumbuh atau berkembang di tempat lain. Bertindak sebagai kurator adalah Muhaman Aripin.

Pameran Jatim Art Now #3 ini merupakan kelanjutan dari pameran sebelumnya yang digelar di Galeri Nasional, yakni Jatim Art Now #1 (22 Juni – 5 Juli 2012), Jatim Art Now #2, berlangsung 2 – 24 November 2012 di Galeri Soemardja ITB Bandung. Pameran bersama ini memberikan ruang kreatif yang  seluasnya kepada masing-masing personal yang memang memiliki latar berbeda, keragaman personal  semacam ini disebut sebagai kolektif asemblasi. Bentuk kolektivitas semacam ini hadir mencerminkan problem terkait upaya membangun kebersamaan (persatuan dan kesatuan), yakni satu bentuk kesatuan yang tidak mengikat secara kukuh. Keterikatan dalam pameran kali ini memang lebih merupakan satu bentuk kebersamaan (kesatuan) yang bersifat temporal. Dengan demikian, identitas kedaerah yang diacu laiknya tematik pameran kali ini, bersifat lebih longgar dan cair, lantaran tidak didasari oleh kesatuan ideologi yang permanen.

Sebagian besar karya yang dihadirkan para perupa Jawa Timur, baik berupa tiga dimensi maupun dua dimensi, lebih menekankan pada eksplorasi keragaman atau perbedaan, tema pokok tidak disikapi secara ketat, dan lebih merupakan sebuah perayaan akan kekinian atau kontemporer.

Para perupa yang turut serta dalam pameran ini antara lain : Aucky Hinting, Agus Koecink, Aan Suliono, Aripin Petruk, Bambang Sudarto, BB (Bambang Mardiono), Ben Wong, Bendra, Bilaningsih, Budi Soetrisno, Chrisyanti Anggie,  Elyezer, Faizin, Hannavy, Hari Yong, Ivan Hariyanto, Joned Rahadian, Jeonathan, Jeni Lee,  Jopram, Meirza Zaid, Muh. Rizky, Lilok Winardi, Oyn, Ramok, Salamun Kaulam, Suminto, Kartika, Sarwo Prasojo, Sugiarso Widodo, Sutjahjo Widodo, Susilowati, Yoes Wibowo, Winarno dan Zaynal.

Serangkaian pameran Jatim Art Now #3 di Bentara Budaya Bali akan digelar pula performing art, pemutaran video dokumenter, serta diskusi seni rupa bersama kurator, pengamat seni rupa serta para perupa yang terlibat dalam eksebisi ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s