Vision International Image Festival ANGASRAYA: ARUS KEBEBASAN DARI SAMUDERA

Pembukaan : Sabtu, 12 Oktober 2013, pukul 18.30 WITA – selesai

Pameran untuk umum : 13 – 20 Oktober 2013, pukul 10.00 – 18.00 WITA

Vision_After The Tsunami - Recovery of Memory_Jake PricePanitia Vision International Image Festival 2013bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali, menggelar sebuah pameran dan festival karya citra persembahan Indonesia, yang bertujuan mengangkat potret peradaban kelautan Indonesia dan dunia. Dalam penyelenggaraan perdananya ini, Vision Internasional Image Festival ini mengambil tema “Angasraya: Arus Kebebasan dari Samudera”, dengan Bali sebagai lokasi pertama festival. Sebagai sebuah festival citra, fotografi menjadi dasar atau titik berangkat yang dianggap dapat membuka eksplorasi yang lebih luas menuju samudera keberagaman media visual lainnya. Sehingga di festival ini, karya utama yang akan ditampilkan adalah fotografi, diikuti dengan pemutaran film, slide, dan pertunjukkan multimedia yang saling merespon arsitektur, instalasi, sampai pertunjukkan musik dst.

 Sejumlah fotografer dalam dan luar negeri dengan reputasi internasional akan turut meramaikan pameran utama festival ini yang direncanakan menjadi festival tiga tahunan keliling Indonesia, sebagai simbol nyata dari samudera yang menghubungkan satu sama lain. Dan sebagai upaya mengangkat daerah pelosok berikut kehidupan pesisirnya.

Khusus di Bentara Budaya Bali (BBB) akan dipamerkan karya-karya fotografi dari region Asia Pasific yang dikurari oleh Barabara Stauss. Terdapat 13 seniman fotografi dari 11 negara yang turut serta dalam pameran ini antara lain : Bruce Connew (New Zealand), Craig Golding (Australia),  Juan Manuel Castro Prieto (Vanuatu), Robert Zhao Renhui (Singapore), Andrew Testa (Thailand), Zhang Xiao (China), Jack Price (Japan), Oleg Klimov (Russia), Michael Christopher Brown (Russia), Corey Arnold (Amerika Serikat), Daniel Silva Yoshisato (Peru), Tomás Munita (Peru), Kadir van Lohuizen (Tierra del Fuego).

Selain di BBB, digelar pula pameran yang menghadirkan karya-karya foto oleh fotografer nasional yang dikuratori oleh Oscar Motuloh di Danes Art Veranda (9 – 20 Oktober 2013), serta eksebisi bersama Komunitas Lubang Jarum Indonesia (Indonesia Pinhole Camera Community) yang dikuratori oleh Rai Bachtiar (10 – 20 Oktober 2013) di Maha Art Gallery.

Oscar Motuloh

Dilahirkan pada 17 Agustus 1959 di Surabaya. Memulai karir di bidang jurnalistik sebagai reporter di Kantor Berita Antara pada 1988. Dua tahun kemudian ia memperkuat divisi pemberitaan foto Kantor Berita Antara sebagai pewarta foto. Belajar fotografi secara otodidak.  Selain masih aktif sebagai pewarta foto, saat ini ia mengepalai Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara. Ikut mendirikan Pewarta Foto Indonesia, suatu organisasi profesi yang menghimpun seluruh pewarta foto di tanah air. Mengajar di FFTV Institut Kesenian Jakarta, dan menjadi dosen terbang disejumlah perguruan tinggi di tanah air.

Karya fotografinya juga sering dipamerkan di berbagai galeri dan museum dalam dan luar negeri, beberapa diantaranya, Indonesia: A Surprise (Galeri Salihara, Jakarta; North Art Space, Jakarta; “Voyage from The Lost Homeland”, Yeosu, Korea Selatan), Soulscape Road  (Galeri Salihara, Jakarta; Tropen Museum, Belanda; National 228 Memorial Museum, Taiwan); Beyond Photography (Ciputra World Gallery, Jakarta).

Aktif menyelenggarakan pameran, seminar dan workshop fotografi, pameran fotografi, serta ­­­menerbitkan sejumlah buku fotografi. Jumlah penerbitan mencapai lebih dari 50 publikasi, beberapa diantaranya: Indonesia: A Surprise (bekerja sama dengan PT. Pembangunan Jaya), Makkah series (Makkah Final Destination (2008), The Other Side of Makkah (2010), Photographic Diary (2012), Indonesia Creative (bekerjasama dengan Kementrian Perdagangan RI). Menjadi juri dan kurator di sejumlah event fotografi di dalam dan luar negeri.

Barbara Stauss

Tahun 1996 Stauss mendirikan MARE – Die Zeitschrift der Meere, sebuah majalah bertema kelautan dan berkantor di Jerman yang khusus menyajikan reportase foto klasik dan esai foto. Sejak saat itu dia menjabat sebagai image director di majalah tersebut, bertanggung jawab dalam hal konsep fotografi dan narasi visual.

Tahun 2010 Strauss menerbitkan kembali buku foto tahunan Reporters Without Borders edisi Jerman, dan selanjutnya menjadi Project Manager bagi organisasi tersebut, sampai sekarang.

Selain aktif menjadi editor, Strauss juga mengkurasi pameran foto, mengajar pada berbagai seminar tentang photo editing, dan menjadi master pada World Press Photo 2006, 2007 dan 2008 untuk Joop Swart Masterclasses, dan anggota dewan juri bagi kompetisi WPPH 2013.

Rincian Jadwal Acara di Bentara Budaya Bali :

Sabtu, 12 Oktober 2013, pukul 19.00 WITA

Pameran akan dibuka secara resmi oleh Anang Noegroo, Pustika (Pusat Kerja Internasional dan Antar Lembaga). Tribute untuk Balinese Surfer Community, Magic Wave’s Piping dan persembahan musik oleh The Hydrant.

Sabtu, 12 Oktober 2013, 19.30 WITA

Diskusi Panel dengan tema : We Created Bali oleh Piping dari Magic Wave dan Bali Surfer Community

Senin, 14 Oktober 2013, 16.00 WITA

Diskusi Panel dengan tema : Kisah Perjalanan dan Masa Depan Backpacker Dunia oleh Hartono Rakiman dan Elok Dyah Messwati (Wartawan Kompas, Pendiri Backpaker Dunia dan Beautiful Indonesia)

Kamis, 17 Oktober 2013, 19.00 WITA

Koki Gadungan, Rahung Nasution yang akan berbagi pengalamannya tentang makanan ikan laut Indonesia, dan akan dimeriahkan pertunjukan musik oleh Nosstress dan Made Maut.

Minggu, 20 Oktober 2013, pukul 19.00 WITA

Closing Ceremony : Pertunjukan musik dari Oppie Andaresta, Ray D Sky, Garden Groove, Geekssmile, Goldvoice, The Bullhead, Blackened, Rollfast.

Pemutaran Film Perdana : “Imanez”, dokumenter tentang Pencetus Rege di Indonesia. Disutradarai oleh Rudolf Dethu

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s