Tribute To Maestro Blangsinga 75 TAHUN BERKARYA

Tribute To Maestro Blangsinga
75 TAHUN BERKARYA
Pembukaan : Sabtu, 28 September 2013, pukul 18.30 WITA – selesai
Pameran untuk umum : 29 September – 7 Oktober 2013, pukul 10.00 – 18.00 WITA

Oka Blangsinga  2Merayakan dedikasi seniman Ida Bagus Oka Wirjana atau yang populer dengan nama Oka Blangsinga, yang selama 75 tahun mencipta dan mempersembahkan karya, bukan hanya untuk publik Bali, dan Indonesia, tapi juga untuk dunia, maka digelarlah sebuah perhelatan menghadirkan pertunjukan tari dan bidang seni lainnya secara lintas generasi. Acara ‘Lintas Generasi’ ini adalah tematik yang telah ditetapkan dewan kurator Bentara Budaya sepanjang tahun 2013, dan direspon oleh empat venue, antara lain : Bentara Budaya Jakarta, Bentara Budaya Yogyakarta, Balai Soedjatmoko Solo, dan Bentara Budaya Bali. Misalnya yang telah berlangsung di BBJ yakni ‘Wangsa Cirebon-Dermayu’, ‘Wayang Golek Pesisiran dari Tegal’ di Balai Soedjatmoko Solo dan ‘Pembatik Giriloyo: Dari Masa Ke Masa’ di BBY.

Oka Blangsinga 1Dalam acara ‘Tribute to Maestro’ ini tampil putra putri dan cucunda, serta murid-murid terpilih untuk mempresentasikan karya-karya tari dari Oka Wirjana. Selain itu dipagelarkan juga fragmen tari Ramayana dan tari tersohor Kebyar Duduk, berikut konser gamelan dari komposer Dewa Ketut Alit. Pada kesempatan itu akan tampil pula para penari sepuh mumpuni seperti Ni Luh Menek dari Buleleng, Ibu Jro Puspawati dari Denpasar, Ibu Ni Ketut Arini dari Denpasar, dan lain-lain. Seniman Serbia Irina Perisic Bosnjak secara khusus akan mempersembahkan karya patungnya, demikian juga pematung Ida Bagus Ketut Lasem, masing-masing terilhami kemaestroan Blangsinga.

Sejalan dengan acara ini, akan dipamerkan foto-foto perjalanan sang maestro, berikut respon fotografer seni dari kelompok Lingkara, termasuk diskusi dan workshop. Masing-masing seniman yang terlibat akan berkolaborasi menginterpretasikan sosok Oka Blangsinga dalam aneka perspektif.
Sejak masih sangat belia Ida Bagus Oka Wirjana sudah belajar menari Baris di bawah bimbingan pamannya Ida Bagus Kompiang. Sebelum penjajahan Jepang beliau tinggal di Tabanan dan selalu melihat Sang Maestro I Ketut Marya menari dan mengajarkan tari kebyar duduk. Ida Bagus sangat terinspirasi tarian Kebyar duduk yang diciptakan oleh I Ketut Maria, sehingga sampai tersurat dalam hatinya. Dalam perkembangannya dalam menari Kebyar duduk, Ida Bagus banyak mendapatkan bimbingan dari tokoh-tokoh kesenian di Gianyar seperti Anak Agung Gede (Puri Sukawati), Cokorde Oka (Puri Singapadu), Bapak Geriya, dan Bapak Geredek (Singapadu).

Beliau menari di Istana Kepresidenan masa Soekarno dan menjadi duta negara dalam kunjungan di Eropa, Asia, Amerika, dan Jepang. Pada tahun 1954, bersama Made Darmi Rupawati, Gadung Arwati, Gusti Ayu Manjawati melawat ke Pakistan guna mengikuti Festival Tari, mewakili Indonesia. Dibawah pimpinan Bapak Hemengku Buwono IX, saya bersama Sekaa Gong Sanur melawat ke Hawai ( Honolulu), Tokyo Osaka, Hongkong, dan Singapura selama 3 bulan (1962). Bersama Sekolah STSI Denpasar melawat ke Swedia (Stockholm) tahun 1991.

Beberapa penghargaan yang pernah diterima oleh Oka Blangsinga antara lain Surat Penghargaan dari Panglima Daerah Angkatan Kepolisian XVI Nusa Tenggara Barat (1969), Surat Penghargaan dari sekolah-sekolah di Kota Nara Jepang (1981), Surat Penghargaan dari Wija-Kesuma dari Bapak Bupati Daerah Tingkat II Gianyar (1985), Surat Penghargaan Dharma Kusuma Media dari Bapak Gubernur Bali (1987), Surat Penghargaan dari Gubernur di kota Sapporo Jepang (1988), Surat Penghargaan dari Dewan Kesenian Pusat Jakarta (1999), Surat Penghargaan Dharma Kusuma ( penghargaan Tertinggi), Surat Penghargaan tertinggi SIWA NATARAJA dari ISI ( Institut Seni Indonesia ) Denpasar (2008).
Rincian acara dapat diklik di : http://www.bentarabudayabali.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s