Pertunjukan Musik dan Workshop Duo Suarasama BERSAMA IRWANSYAH DAN RITHAONY HUTAJULU

Senin, 19 Agustus 2013, pukul 18.30 Wita – selesai

Duo Suarasama 1Dibentuk pada pertengahan 1995, Suarasama merupakan kelompok musik yang terdiri dari Irwansyah Harahap dan Rithaony Hutajulu, lulusan Etnomusikologi University of Washington, Seattle, Amerika Serikat, yang kini mengajar di jurusan yang sama (Etnomusikologi) di Universitas Sumatera Utara. Suarasama memadukan unsur musik kontemporer atau bisa dikatakan sebentuk world music. Sebagai komposer, Irwansyah Harahap kerap meneliti aneka konsep musik dunia, di antaranya musik Afrika, Timur Tengah, India, Sufi Pakistan, Eropa Timur, Asia Tenggara, dan juga Sumatra Utara (Batak dan Melayu). Pasangan pemusik ini akan berbagi pemahaman dan pengalamannya terkait kehidupan kreatif yang selama ini mereka jalani.
Suarasama telah menelurkan empat album, yakni “Fajar di Atas Awan” (1998), “Rites of Passages” (2002), “Lebah” (2008), dan “Timeline” (2013). Album pertama diproduksi Radio France Internationale (RFI), pada tahun 1998 di Prancis. Salah satu lagunya, “Fajar di Atas Awan”, muncul dalam Music of Indonesia 20: Indonesian Guitars yang dikeluarkan oleh the Smithsonian Folkways Recording, tahun 1999 di Washington DC, Amerika Serikat. Tahun 2008, Dragcity Chicago merilis ulang album ini dalam bentuk CD dan LP yang didistribusikan di beberapa negara. Pada tahun yang sama, lagu “Fajar di Atas Awan” masuk dalam CD kompilasi majalah Un Cut, London. Setelah dirilis Drag City, album Suarasama kembali mengukir prestasi sebagai salah satu dari Lima Album World Music Terbaik Tahun 2008 versi San Fransisco Chronicle. Tak hanya itu, album ini juga termasuk dalam daftar majalah Un Cut 10 Album World Music Terbaik Tahun 2008, dan menjadi salah satu album terbaik bulan Oktober 2008 versi majalah Global Rhythm, Amerika Serikat. Lebih dari 35 majalah (baik cetak maupun online, di Amerika dan juga Eropa) telah memuat ulasan mengenai album “Fajar di Atas Awan”, merujuk pada unsur world music Suarasama yang dianggap “baru” oleh beberapa kritikus musik dunia.
Suarasama telah tampil di berbagai festival musik mancanegara, seperti Sufi Soul 2nd World Music Festival 2001 di Pakistan, Sharq Taronalari Festival 2001 di Uzbekistan, Bali World Music Festival 2002, North Sumatra Traditional Music and Dance 2001 di Guangzhou, China, North Sumatra Traditional Music and Dance 2002 di Singapura, Asean Composer League and International Puppet Festival 2007 di Selandia Baru, Second International Rondalla Festival 2007 di Filipina, Riau Hitam Putih World Music Festival 2008, Asian Music Forum 2009 di Thailand, dan Bandung Worldjazz Festival 2009. Tahun 2010, duo ini juga berkesempatan bermain di Minpaku Museum of Ethnology Osaka Japan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s