Pameran Seni Rupa PERJALANAN RASA II

Pembukaan : 15 Agustus 2013, pukul 18.30 Wita – selesai
Pameran untuk umum berlangsung : 16 – 25 Agustus 2013, pukul 10.00 – 18.00 Wita

Merah Putih Menerjang Kegelapan - 125x110 - 2013 (1)Dinamika zaman yang berlangsung lekas dan serba bergegas mengubah aneka lapis tatanan kehidupan manusia, terutama terkait perspektif hubungan sosial antarpribadi. Di tengah transformasi dari masyarakat komunal tradisi menuju entitas yang bersifat urban-modern, memudarnya rasa kebersamaan, sikap materialistis serta ego-ego individual kian terasa, sehingga mendorong Sipa Manik bersama tujuh perupa lainnya untuk melakukan respon kreatif melalui karya rupa.

Ia bersama Made Budhiana, Wayan Sunadi (Doel), Uuk Paramahita, Listya Wahyuni, Ketut Jaya (Kaprus), Nengah Yashe, dan Wayan Bawa akan menampilkan karya yang berangkat dari kegelisahan menyikapi berbagai problematik kekinian. Mereka mencoba menampilkan kembali nilai-nilai komunal yang hangat dan guyub dalam masyarakat modern, sekaligus menekankan pentingnya menjaga nilai ‘rasa’ empati yang tulus pada segala wujud pergaulan sosial.

Pameran ini merupakan kelanjutan dari eksibisi sebelumnya, “Perjalanan Rasa”, dan kali ini secara khusus mengangkat tema “Gema Merdeka” sebagai respon terhadap bulan Agustus sekaligus makna kebebasan secara luas. Menurut para perupa yang telah melangsungkan aneka pameran di tanah air maupun di luar negeri, kemerdekaan dalam berkarya mampu menjadikan manusia berani menyuarakan hati nuraninya lewat goresan rasa. Hal inilah yang mengantar manusia untuk mampu menemukan jati dirinya yang paling murni dan jujur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s