OBITUARI THOMAS FREITAG

Rabu, 12 Juni 2013, Pukul 18.30 Wita – selesai

Obituari_Thomas FreitagThomas Freitag alias I Wayan Sukra adalah pengamat, peneliti, kurator seni rupa kelahiran Jerman, 10 September 1954. Dia menetap di Bali sejak tahun 1970-an, dan menikah dengan perempuan Bali dari Tabanan bernama Ni Wayan Sulasih. Pernah bekerja di Museum Le Mayeur, Sanur, sebagai restorater lukisan. Kemudian, sejak 1990-an, menjadi kurator tetap di Griya Santrian Gallery, Sanur.

Sejak bekerja di Griya Santrian Gallery, Thomas telah banyak melakukan kerja kuratorial, menumbuhkan serta membukakan jalan bagi banyak perupa muda di Bali. Kepeduliannya sangat tinggi pada pertumbuhan dan perkembangan seni rupa di Bali. Dia pernah menjadi mentor, mendampingi proses kreatif dan pertumbuhan beberapa komunitas seni rupa di Bali, seperti Himpunan Pelukis (HPS) Sanur, Kelompok Galang Kangin, Ten Fine Art, dan Hitam Putih.

Pada 3 Mei 2013 lalu, Thomas berpulang, meninggalkan ratusan judul buku seni rupa, filsafat, teori seni dari banyak penulis kawakan, CD/DVD musik dan film kesukaannya, sejumlah lukisan dan benda-benda seni/antik yang dikumpulkannya sebagai koleksi selama bertahun-tahun.

Untuk mengenang kepergian Thomas Freitag, Bentara Budaya Bali bekerjasama dengan Bali Art Society (BAS) akan menggelar acara “Obituari Thomas Freitag”. Acara ini akan diisi dengan diskusi perihal sosok dan kiprah Thomas Freitag dalam kancah seni rupa di Bali, terutama terkait landasan kuratorial yang diperjuangkannya. Tampil sebagai narasumber adalah Ida Bagus Putu Gede Sutama (HPS Sanur), I Made Supena (Galang Kangin), Ni Nyoman Sani (Hitam Putih), dan I Made ‘Dollar’ Astawa (Ten Fine Art). Acara ini dimoderatori oleh Wayan Jengki Sunarta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s