Sinema Bentara PUTAR FILM WERNER HERZOG

Jumat – Sabtu, 17 – 18 Mei 2013 Pukul 17.00 Wita – selesai

 

Sinema Bentara_Werner HerzogWarner Herzog, kelahiran Jerman, 5 September 1942 adalah seorang sutradara film Jerman, produser, penulis skenario, aktor serta sutradara opera. Ia dianggap sebagai salah satu tokoh terbesar dalam perkembangan film di Jerman. Film-filmnya kerap kali menampilkan sosok-sosok pahlawan dengan kemampuan yang nyaris mustahil, orang-orang berbakat unik atau individu yang berada di simpang konflik.

 

Karya-karyanya telah meraih berbagai nominasi dan penghargaan internasional. Selain filmnya Nosferatu Vampyre dinominasikan untuk Golden Bear pada tahun 1979, Herzog juga berhasil memenangkan penghargaan sutradara terbaik untuk film Fitzcarraldo di Festival Film Cannes tahun 1982. Pada tahun 1975, filmnya The Enigma of Kaspar Hauser meraih penghargaan Special Jury Price (Silver Palm). Film-filmnya dinominasikan pula di berbagai festival penting lainnya seperti César Awadrs (Aguirre: The Wrath of God), Emmy Awards, Eropa Film Awards dan Venice Film Festival.

 

Sinema Bentara kali ini menghadirkan film-film dokumenter dan horor terpilih Herzog antara lain : Fata Morgana (1971, 79 menit), Aguirre: The Wrath of God (1972, 90 menit), Nosferatu the Vampyre (1979, 107 menit), Fitzcarraldo (1982, 157 menit), Wodaabe: Herdsmen of the Sun (1989, 52 menit) dan Wheel of Time (2003, 81 menit).

 

Fata Morgana menyajikan narasi mitos penciptaan suku Maya, terdiri dari tiga bagian : “Penciptaan”, “Paradise”, dan “The Golden Age”.  Nosferatu Vampyre  adalah film horor vampire bersetting abad ke-19 di Transilvania yang ditulis dan disutradarai oleh Herzog. Sementara Wodaabe: Herdsmen of the Sun adalah film dokumenter yang mengeksplorasi ritual sosial dan perayaan budaya Sahara nomaden suku Wodaabe, terutama prosesi Gerewol yang menampilkan sebuah kontes kecantikan untuk laki-laki dalam rangka memenangkan seorang istri. Aguirre : The Wrath of God adalah film petualangan yang dibintangi oleh Klaus Kinski. Film ini mengisahkan perjalasanan prajurit Lope de Aguirre dari Spanyol yang memimpin kelompok conqquistadores menyusuri sungai Amazon di Amerika Serikat untuk menemukan kota emas legendaris, El Dorado.

 

Jumat, 17 Mei 2013

17.00     Fata Morgana

18.30     Nosferatu the Vampyre

20.30     Aguirre: The Wrath of God

 

Sabtu, 18 Mei 2013

17.00   Fitzcarraldo

19.30   Diskusi

20.00   Wodaabe: Herdsmen of the Sun

21.00   Wheel of Time

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s