Pentas Musik Keroncong MEMOAR ISMAIL MARZUKI BERSAMA ORKES SEKAR DEWATA

Minggu, 12 Mei 2013 Pukul 18.30 Wita – selesai

 

Keroncong Sekar DewataKeroncong adalah salah satu musik rakyat di Indonesia yang memiliki pertautan historis dengan sejenis musik Portugis yang dikenal sebagai fado. Bentuk awalnya disebut moresco yang dimainkan dengan iringan alat musik dawai. Dalam perkembangannya, dipergunakanlah sejumlah unsur tradisional Nusantara, seperti seruling serta beberapa komponen gamelan. Masa keemasan Keroncong bergulir hingga sekitar tahun 1960-an, yang kemudian meredup akibat kian digemarinya musik-musik populer sejak tahun 1961 hingga sekarang.

Salah satu tokoh dan komponis keroncong yang terkenal adalah Ismail Marzuki. Ia lahir di Kwitang, Batavia, 11 Mei 1914, dan menciptakan lagu pertamanya, ‘O, sarinah’ yang berbahasa Belanda pada usia 17 tahun. Pada 1936, Ismail Marzuki bergabung dalam perkumpulan orkes musik Lief Java sebagai pemain gitar, saxophone dan harmonium pompa. Lagu-lagunya antara lain : Aryati, Gugur Bunga, Melati di Tapal Batas (1947), Wanita, Rayuan Pulau Kelapa, Sepasang Mata Bola (1946), Bandung Selatan di Waktu Malam (1948), Keroncong Serenata, Juwita Malam, Sabda Alam, Rindu Lukisan, Indonesia Pusaka, dll.

Bentara Budaya Bali bersama Orkes Keroncong Sekar Dewata secara khusus menghadirkan lagu-lagu gubahan Ismail Marzuki, sekaligus mendiskusikan ragam komposisi dan upaya alih generasi oleh pemusik keroncong era kini. Keroncong Sekar Dewata pimpinan CL. Sumartono ini telah berpentas dan melakukan kolaborasi di berbagai pertunjukkan musik. Terdiri dari Agus Suharyadi (flute), Agus Sarwono (Bass), Suprih Prasmana (Cello), Yatno (Ukulele), Yoyok (tenor) dan Sefi I.P (vokal).

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s