Diskusi TELAAH SEJARAH DAN DIASPORA TIONGHOA DI BALI

Sabtu, 4 Mei 2013 Pukul 18.30 Wita  – selesai

DiskusiMenimbang KPH_I Putu Gede SuwithaDiaspora atau persebaran demografi China ke Indonesia telah berlangsung dalam kurun waktu yang panjang, dan terbukti turut berpengaruh pada kebudayaan-kebudayaan Nusantara. Masyarakat China juga berbaur dengan etnis lokal negeri ini, di mana satu sama lain berinteraksi sedemikian intens serta membentuk suatu ragam entitas ke-Indonesia-an yang lebih kaya lagi berwarna.

Terkait pameran Memorabilia Kho Ping Hoo, diketengahkan pula sebuah diskusi yang memperbincangkan diaspora China dan akulturasinya dengan budaya Bali serta Indonesia dalam konteks lebih luas. Dialog bukan hanya mengulas wujud-wujud perpaduan antara dua kebudayaan ini, melainkan juga lebih jauh menelisik latar historis berikut perjalanan sejarah komunitas China di Indonesia selama berbagai kurun waktu, termasuk pengekangan etnis China di masa Orba serta capaian kemajuan masyarakatnya di masa kini, yang ditengarai akan berimplikasi pada tatanan sosiologis masyarakat di era sekarang dan mendatang. Sebagai pembicara adalah Drs. I Putu Gede Suwitha, S.U. dan Dr. I Gusti Ketut Gde Arsana, MSi., keduanya adalah dosen di Universitas Udayana.

Drs. I Putu Gede Suwitha, S.U., lahir 27 Juli 1958, adalah dosen Sejarah dan Politik Fakultas Sastra Unud dan aktivis Forum Pemerhati Budaya dan Kebijakan Publik Bali-FPBKPB. Aktif menulis artikel-artikel dan penelitian. Beberapa penelitian yang pernah dilakukannya antara lain : Dialog Tradisional dan Modern Dalam Cerpen-cerpen Gede Aryanta Soetama (1996), Kesenian Baris Cina : Suatu Tinjauan Historis-Sosiologis (1998), Perubahan Sosial Pada Masyarakat Bali (1998), Masyarakat Multikultural Budaya Bali : Tinjauan Sejarah, Migrasi dan Integrasi (2010), dll. Tulisannya yang telah diterbitkan antara lain : Islam di Bali : dari Akulturasi Sampai Ortodoks (1998), Sejarah Maritim : Suatu Tentang ke Depan (2004), Bali dari Sisi Lain (2010), Identitas Bali Kontemporer (2012), dll.

Dr. I Gusti Ketut Gde Arsana, MSi., lahir di Denpasar, 15 Agustus 1952, dosen pengajar antropologi di Fakultas Sastra Universitas. Selain itu aktif pula dalam berbagai kegiatan penelitian dan sebagai narasumber dalam berbagai seminar. Tulisan-tulisannya diterbitkan melalui jurnal ilmiah antara lain : Jurnal Antropologi Unud, Jurnal Kajian Budaya Unud, Jurnal Pustaka (Jurnal Ilmu-ilmu Budaya), dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s