Sinema Bentara PUTAR FILM KATHRYN BIGELOW

Jumat – Sabtu, 19 – 20 April 2013 Pukul 17.00 Wita – selesai

Sinema Bentara_Bigelow_Point BreakKathryn Bigelow adalah sosok wanita pertama yang berhasil meraih penghargaan Academy Awards sebagai sutradara terbaik. Namun, bila menyimak sekilas film-film besutannya, nyaris sulit dipercaya bahwa itu adalah karya sutradara perempuan. Sebut saja Point BreakBlue SteelStrange DaysK-19 Widowmaker, dan The Hurt Locker; film-film yang cenderung heroik. Film terbarunya, Zero Dark Thirty pun tak jauh beda, mengisahkan 10 tahun perburuan Osama bin Laden dari sudut pandang CIA. Puncak film tersebut adalah adegan penyerbuan tengah malam (Zero Dark Thirty adalah kode rahasia CIA yang berarti pukul 00.30) yang membunuh Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan. Sambutan dari penonton dan kritikus film atas film ini pun tak kalah meriah dari yang diterima The Hurt Locker—yang membawa Bigelow memenangi kategori sutradara terbaik. Tak ayal, Zero Dark Thirty pun diganjar empat kategori nominasi Oscar tahun ini.

Kali ini, Sinema Bentara akan mengetengahkan film-film terbaik Bigelow, antara lain film feature pertamanya, The Loveless (1982, 82 menit). Saat menggarap The Loveless, Bigelow dibantu Monty Montgomery sebagai sutradara kedua. Di film inilah, pertama kali Willem Dafoe tampil sebagai pemeran utama. Film kedua adalah Near Dark (1987, 94 menit), yang juga merupakan film kedua yang diproduksi Bigelow. Di film ini, dia mencoba keluar dari kebiasaan dengan mengangkat tema vampir dan bergenre horor. Blue Steel (1989, 102 menit), sebuah film thriller tentang seorang polwan Megan Turner (Jamie Lee Curtis) yang dikuntit oleh seorang pembunuh yang menderita gangguan jiwa.

Point Break (1991, 120 menit), yang dibintangi Keanu Reeves dan Patrick Swayze. Film ini langsung mencetak box office saat dirilis karena adegan aksi yang seru dan kehadiran dua aktor tampan yang sedang berada di puncak karier. Point Break menjadi film Kathryn Bigelow yang tersukses di pasaran. Film berikutnya, K-19 The Widowmaker (2002, 138 menit), sebuah thriller perang yang menceritakan awak kapal selam nuklir Rusia yang didera beraneka macam kegagalan teknis, dan The Hurt Locker (2008, 131 menit).

Sebelum menjadi seorang sineas, Bigelow adalah seorang pelukis yang sangat bertalenta. Boleh jadi, bakat melukis inilah yang mengasah kepekaan rasa Bigelow dalam film-film produksinya. Tak heran pada tahun 2010, Bigelow didaulat majalah Time sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia.

 

Jumat, 19 April 2013
17.00      The Loveless

18.30      Near Dark
20.00      Blue Steel

Sabtu, 20 April 2013
17.00      Point Break

19.30      The Hurt Locker

21.00      K-19 The Widowmaker

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s