PERAN INTELEKTUAL MUDA DALAM PERSPEKTIF KEBUDAYAAN

Program : Akademika Bentara

Sebuah Workshop Penulisan Esai Ilmiah dan Dialog Pendidikan

Minggu, 31 Maret 2013 pukul 17.00 wita

dr. Nyoman Sutarsa

dr. Nyoman Sutarsa

Sebagai kalangan terdidik, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan daya pikir kreatif guna dapat berkontribusi bagi pembangunan masyarakat. Melalui sumbangsih gagasan serta ragam inovasinya, mahasiswa diyakini mampu menjadi agen perubahan, bagi daerah maupun bangsa secara luas. Upaya ke arah tersebut tentu akan terwujud apabila mereka memiliki minat dan intensitas untuk terus berkreasi, ditunjang kesadaran mengedepankan penalaran kritis serta kemampuan menuangkan gagasan, termasuk dalam bentuk karya tulis ilmiah.

Dilandasi gagasan mengembangkan penalaran mahasiswa dalam bentuk kegiatan-kegiatan ilmiah serta kreatif, UKM Penalaran Udayana Science Club, Universitas Udayana bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali menyelenggarakan Workshop Penulisan Esai Ilmiah dan Dialog Pendidikan: Peran Intelektual Muda dalam Perspektif Kebudayaan. Kegiatan  ini diharapkan dapat menjadi ajang pengayaan kemampuan mahasiswa dalam merumuskan dan mewujudkan suatu karya ilmiah secara lebih sistematis, tepat, cerdas, serta mampu menjawab persoalan di masyarakat. Selain itu, diskusi akan membahas secara mendalam peran-peran mahasiswa di berbagai bidang kehidupan, yang tidak hanya mengedepankan solusi atas permasalahan dari sisi intelektual yang scientific, namun juga kreativitas berpikir yang bernas dalam hal menyikapi probematik-problematik kebudayaan, sosial, berikut aneka penataan kehidupan berbangsa.

Sebagai pembicara dr. I Nyoman Sutarsa, MPH., Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, peraih berbagai penghargaan dalam dan luar negeri. Lahir di Denpasar, 12 April 1984, menyelesaikan program Master of Public Health di La Trobe University Australia (2011-2012) dengan beasiswa Australian Development Scholarship. Saat menjalani program master di La Trobe, mendapatkan penghargaan Golden Key (untuk capaian prestasi akademis) dari Golden Key International Honour Society (2012). Saat ini juga menjadi Chief Editor Public Health and Preventive Medicine Archieve. Memenangkan beragam perlombaan penulisan ilmiah baik di tingkat lokal, nasional dan internasional dan juga pernah mewakili Indonesia ke berbagai pertemuan pemuda tingkat dunia seperti di Singapura, Jerman, Filipina dan lain sebagainya. Beberapa tulisan yang dihasilkan juga pernah dipresentasikan di beberapa forum internasional seperti Australasian HIV and AIDS Conference 2012 (Australia), Indonesian Post Graduate Forum, The University of Melbourne (Australia, 2012) dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s