PADA SENTUHAN TANGAN (PAMERAN SENI GRAFIS)

Pembukaan                  : Sabtu, 30 Maret 2013, pukul 19.30 Wita

Pameran berlangsung  : 31 Maret – 9 April 2013, pukul 10.00 – 18.00 Wita

Salah Satu Karya Pameran Seni Grafis 'Pada Sentuhan Tangan'

Salah Satu Karya Pameran Seni Grafis ‘Pada Sentuhan Tangan’

Seni  grafis adalah sebuah penjelajahan seni cetak mencetak yang memiliki dua entitas sekaligus memadukan dua kutub berbeda yaitu seni (murni) dan teknologi. Pameran ini memang menyajikan karya seni dalam pemahaman seni murni (fine art) bukan seni grafis yang aplikatif seperti desain grafis. Empat perupa yang dikenal sebagai pegrafis (dan sekaligus pelukis) yang menyajikan karya-karya berteknik cetak yang saling berbeda antar mereka. Dari etsa, cukil kayu, dan kerborundum, sebagai ciri wanci berkarya grafis yang bertoreh pada plat atau permukaan media yang mereka garap.

Para pegrafis bekerja di lantai bawah kampus STDI Bandung, dibantu master printer Devy Ferdianto, salah seorang dosen di lembaga itu. Mereka menyukil papan, menoreh dan menggurat plat tembaga dengan ujung jarum, mengulas permukaan tembaga dengan aspal dan mencelupkan  merendam dalam asam, atau mengoles tekstur plastik dengan perekat khusus serta menabur bubuk silika karbonat, meninggalkan jejak-jejak, tanda-tanda sebagai perpaduan pengalaman diri yang berhubungan dengan craftsmanship. Dengan semangat kembali ke konvensi seni grafis murni, pameran ini boleh dipandang sebagai upaya menggelorakan dan mendorong minat para pegrafis kita sebagaimana yang dilakukan Bentara Budaya melalui kompetisi Trienal Seni Grafis-nya.

Pameran ini menghadirkan karya-karya terkini dari pesohor grafis Chairin Hayati, Haryadi Suadi, Ipong Purnama Sidhi, T Sutanto, dan dikuratori oleh Heru Hikayat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s