MIND, BODY, SPIRIT BANGAU PUTIH

Program: Pustaka Bentara

Sabtu, 16 Maret 2013, pukul 19.00 Wita

Mind, Body and Spirit karya Bre Redana

Mind, Body and Spirit karya Bre Redana

Seni olah tubuh, dalam berbagai kebudayaan, diyakini bukan hanya berimplikasi pada kemampuan jasmaniah pelakunya, namun juga memberi manfaat bagi kemampuan olah rasa yang kuasa menunjang kreativitas, membangun daya luhur, dan meraih kasunyatan atau kesejatian hidup. Di berbagai belahan dunia, terdapat aneka ragam seni olah tubuh dengan kekhasannya tersendiri, tak sedikit yang bertujuan mewujudkan keselarasan nan harmonis antara jiwa serta raga manusia dengan irama alam, berikut perubahan pada lingkungan sekitarnya.

Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih merupakan salah satu kelompok yang memiliki visi serta tujuan tersebut. Dalam kelompok ini, dikedepankan sebentuk olah gerak yang berpadu dengan olah pikiran yang bermuara pada keselarasan serta pencapaian spirit yang luhur. Dengan melatih badan (body), seseorang akan mengenal struktur sekaligus cara kerja tubuh berikut organ-organnya. Sementara dengan melatih pikiran (mind), manusia disadarkan perihal bagaimana otak mengkoordinasikan gerak tubuh. Hubungan antara mind dan body menghasilkan spirit alias daya, dari daya gerak sampai daya cipta. Inilah politik tubuh, yang secara tersirat coba diungkap dalam buku Mind Body Spirit: Aku Bersilat Aku Ada anggitan Bre Redana, mengenai ajaran Guru Besar Persatuan Gerak Badan Bangau Putih, Gunawan Rahardja.

Diskusi buku Mind, Body, Spirit: Aku Bersilat Aku Ada ini akan menghadirkan penulisnya, Bre Redana, Guru Besar Gunawan Rahardja dan Widya Purwoko. Pada kesempatan itu juga akan ditampilkan keroncong Sanggar Dewata, yang setiap instrumen dan langgam musiknya dipandang bertaut erat dengan filosofi serta pencapaian seseorang dalam menekuni PGB Bangau Putih.

PGB Bangau Putih

PGB Bangau Putih

Guru Besar Gunawan Rahardja melanjutkan perguruan silat Persatuan Gerak Badan (PGB) Bangau Putih, didirikan mendiang ayahnya, Subur Rahardja. Selain menjadi nakhoda dari perguruan yang berpusat di Bogor dengan cabang di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, Australia, dan lain-lain. Guru juga dikenal sebagai pengobat. Tubuh, dalam kridanya, diolah dari segi yang paling kasat mata, nyata, sampai ke yang substansial, bahkan eksistensial.

Bre Redana adalah wartawan Harian Kompas sejak tahun 1982 dan telah menulis sejumlah buku di antaranya: Urban Sensation! (1993, kumpulan cerpen, diterbitkan ulang 2008); Dongeng untuk Seorang Wanita (1999, kumpulan cerpen); Sarabande (2002, kumpulan cerpen); Rex (2008, kumpulan cerpen); dan Potret Manusia Sebagai Si Anak Kebudayaan Massa (2002, kumpulan artikel dan esai). Menulis beberapa buku, seperti kumpulan cerpen dan novel. Murid PGB Bangau Putih. Di perguruan menjadi Ketua Pengurus Dewan Pelatih.

Widya Poerwoko aktif di kegiatan baik organisasi maupun jajaran Dewan Guru PGB Bangau Putih. Punya perhatian besar dan bergelut dalam bidang desain, lingkungan, dia juga penggagas dan Dewan Redaksi Redaksi Majalah D’EcoArt. Ia kandidat doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s