Sandyakala Sastra #27 TRADISI LISAN DAN AKSARA : SEBUAH TINJAUAN SASTRA

Rabu, 14 November 2012, pukul 19.00 Wita

Pada permulaan masehi, aksara Palawa dari India masuk ke jazirah Nusantara. Proses ini kemudian menjadi cikal bakal munculnya sejumlah varian lokal di Jawa dan Sumatera serta melahirkan berbagai mahakarya sastra. Khasanah tersebut kian diperkaya setelah masuknya Islam ke negeri ini yang membawa serta aksara Arab, yang mendorong tercipta banyak karya-karya lokal di Jawa dan Melayu. Kedatangan Bangsa Barat, terutama masa kolonialisme, memperkenalkan huruf latin yang hingga kini menjadi sarana komunikasi nasional.

Mencermati hal di atas, dapat direnungulang kembali, benarkah tradisi lisan di Indonesia cenderung lebih mengemuka tinimbang budaya beraksara? Sandyakala Sastra #27 secara khusus akan membahas perihal tradisi lisan dan aksara di Nusantara ditinjau dari sisi kesusastraan. Diskusi menghadirkan pemerhati sastra budaya sekaligus sastrawan Binhad Nurrohmat, ditandai juga pembacaan karya sastra klasik dan mutakhir.

Lahir di Lampung, 1 Januari 1976, Binhad Nurrohmat menimba pengetahuan di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, Akademi Komunikasi Yogyakarta, dan Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta. Puisinya dibukukan dalam antologi Kuda Ranjang (2004), Bau Betina (2007) dan Demonstran Sexy (2008) serta diterjemahkan ke Bahasa Inggris dan dibukukan dengan tajuk The Bed Horse (dwi-bahasa, 2008). Buku kumpulan esainya yakni Sastra Perkelaminan (2007). Filmnya, Poetry on the Road dirilis pada 2009 dan telah ditayangkan di beberapa kota di Indonesia. Pernah menjadi editor tri-wulan Jurnal Cipta yang diterbitkan oleh Dewan Kesenian Jakarta, koordinator Bale Sastra Kecapi, dan sekarang pemuka Majelis Kata Indonesia. Pada musim panas, musim gugur, dan musim dingin 2008 menjadi International Visiting Writer di semenanjung Korea.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s