Pustaka Bentara MERETAS KARYA ANAK BANGSA

Sabtu, 7 Juli 2012, pukul 16.00-20.00 wita

Jasmine Okubo (dok.pribadi)

Dalam rangka memperingati Hari Anak Indonesia, Yayasan Wahana Artis Global (WAG) Indonesia akan meluncurkan buku puisi berjudul Meretas Karya Anak Bangsa. Selain menghadirkan karya-karya sajak terpilih, antologi ini juga memuat 19 foto pinhole camera (kamera kaleng) hasil ciptaan anak-anak Sanggar Anak Tangguh yang turut dalam program Komunitas Lubang Jarum.

Peluncuran buku juga dimaknai dengan pementasan komunitas-komunitas anak di Bali, penari kontemporer Jasmine Okubo serta penari mumpuni Dr. Bulantrisna Jelantik yang secara khusus membawakan tari legenda Panji Kahuripan. Selain itu, pembacaan puisi dari para penulis juga akan memperkaya nuansa kehangatan persahabatan, yang memberikan refleksi makna akan keriangan kehidupan anak-anak berikut harapan-harapan tentang masa depannya yang gemilang. Adapun para penulis buku ini antara lain Avianti Armand, Oka Rusmini, Medy Loekito, De Kemalawati, Mas Triadnyani, Hanna Fransiska, Adri Sandra, Zelfemi Wimra, La Ode Nasiru, dan lain-lain.

Salah satu penggagas acara ini ialah Koko Harsoe, seorang musisi yang kini menjadi Ketua WAG Indonesia. World Art Game (WAG) merupakan suatu organisasi seni Internasional yang terdiri dari 65 negara, didirikan oleh Peter Weiz, seniman lukis dunia asal Kroasia yang sudah berpameran di lebih dari 100 negara.

Cok Sawitri yang dikenal sebagai penulis, aktivis sosial, pendiri Forum Perempuan Mitra Kasih Bali, dan Kelompok Tulus Ngayah. Belum lama ini ia menerbitkan novel Tantri, Perempuan yang Bercerita (Kompas, 2011). Sementara Bulantrisna Djelantik yang lahir di Deventer, Amerika Serikat, 8 September 1947 merupakan mantan penari Legong yang kini aktif sebagai koreografer. Sejak tahun 1977, ia juga anggota Dewan Penyantun Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI), dan pernah turut dalam produksi film Under The Tree (2008). Jasmine Okubo, penari kelahiran Turki, 27 Agustus 1987 ini pernah menempuh studi di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Ia juga memiliki hobi melukis dan bermain teater.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s