Pustaka Bentara MENIMBANG BALI DARI DALAM

Jumat, 21 Oktober 2011 pukul 18.00 Wita

Sedini kehadiran pendatang asing di Bali, tak terhitung tulisan mewartakan pulau ini berikut keunikan budaya, tradisi, adat dan keyakinan masyarakatnya. Sebagian pendatang itu bukan sekadar pelancong biasa, tak sedikit di antaranya antropolog merangkap penulis, spiritualis, juga pemusik tersohor dan penekun seni lainnya. Terciptalah pujian the last paradise, Pulau Sorga, Pulau Dewata dan lain-lain. Waktu boleh melaju mengubah banyak hal, tapi Bali seolah kekal dalam citraan yang eksotik dan menawan tersebut.

Melalui bukunya ‘TUHAN di Sarang Narkoba, WEDA di Ruang Tamu’, Dr. Ketut Sumadi merefleksikan pandangannya tentang realita Bali di tengah globalisasi dan dinamika nilai lampau yang diyakini adiluhung dan kekinian Bali modern yang layak dikritisi. Rangkuman tulisan terpilihnya ini telah dimuat di berbagai media, layak disimak sebagai ‘Renungan dari Dalam’, pembanding pandangan dari ‘Seberang’.

Dr. Drs. Ketut Sumadi, M.Par. lahir di Batuyang, Sukawati, Gianyar tahun 1962. Sejak 1979 rajin menulis puisi, cerpen, esai sastra, dimuat di Mimbar Agama Hindu di Harian “Bali Post” dan di Harian “Karya Bhakti”. Pernah sebagai wartawan Karya Bakkti dan redaktur Harian Nusa Tenggara.

Tahun 1987 terpilih sebagai mahasiswa teladan tingkat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VIII; juara II lomba penulisan Pariwisata Budaya (1984); juara karya tulis Profesi Wartawan LP3Y Yogyakarta (1984). Ia aktif dalam berbagai lokakarya, seminar, dan pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama Persatuan Wartawan Indonesia Bali, Himpunan Penulis Pariwisata, Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bali. Sejak 1998 sebagai dosen Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s