GEMAR MEMBACA RAJIN MENULIS Program Bersama Balai Bahasa Denpasar

Lomba-lomba : Senin, 24 Oktober 2011, pukul 09.00 Wita
Seminar Sastra : Rabu, 26 Oktober 2011, pukul 18.30 Wita

Peran bahasa Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan barangkali telah umum diketahui. Tidak hanya sebagai sarana komunikasi, sosialisasi serta penyebaran informasi, penggunaan bahasa secara baik, benar, tepat, sekaligus indah dinilai dapat menumbuhkan keunggulan karakter dan kepribadian. Namun, kendati upaya pemasyarakatan manfaat kebahasaan telah dilakukan, minat baca tulis di Indonesia ternyata masih terbilang rendah. Bahkan, Bahasa Indonesia justru kerap dituding sebagai penyebab utama ketidaklulusan peserta didik dalam Ujian Nasional.

Balai Bahasa Denpasar, salah satu lembaga yang intens mengupayakan pelestarian serta kajian kebahasaan di bawah naungan Pusat Bahasa, menggelar ‘Gemar Membaca Rajin Menulis 2011’. Bekerjasama dengan BBB, diadakan berbagai lomba se-Bali, di antaranya Cipta Puisi dan Cerita bagi siswa SD, Lomba Menulis Resensi untuk pelajar SMP, serta Lomba Menulis Esai bagi guru-guru beragam jenjang pendidikan. Peserta akan menuliskan karyanya secara langsung di tempat kegiatan sebagaimana jadwal yang ditentukan.

Selain itu, digelar pula Seminar Sastra yang menampilkan pembicara Prof. Dr. I Wayan Jendra, SU serta Prof. Dr. Nyoman Kutha Ratna, SU yang akan membincangkan perihal dinamika bahasa dan sastra Bali. Wayan Jendra adalah penulis berbagai buku sastra, pakar linguistik serta dosen Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Udayana. Sementara Prof. Dr. I Nyoman Kutha Ratna, SU, adalah guru besar Fakultas Sastra UNUD, telah menulis beragam buku, di antaranya Paradigma Sosiologi Sastra (2003), Teori, Metode dan Teknis Penelitian Sastra: Dari Strukturalisme hingga Poststrukturalisme (2004), dan sebagainya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s