Sinema Bentara : PUTAR FILM TURKI

Kamis-Jumat, 29-30 September 2011

Sebagai wilayah yang berada di antara Benua Asia dan Eropa, Turki dikenal memiliki kekayaan kebudayaan yang unik dan menarik. Kendati mayoritas masyarakat negara ini adalah Islam di mana kultur ketimurannya amat kuat terasa, pemerintahnya tetap bersiteguh berjuang agar negeri ini diterima sebagai bagian dari Uni Eropa. Karenanya, perbenturan dua dunia ini—Timur dan Barat—menjadi mengemuka dalam karya-karya seni Turki, terutama dalam perfilman.

Salah satu sutradara Turki, Nuri Bilge Ceylan, dipandang sebagai sineas papan yang meraih berbagai penghargaan internasional, di antaranya Sutradara Terbaik di Festival Film Cannes 2008 untuk filmnya Uc Maymun (Three Monkeys). Film ini akan diputar bersama tiga film Turki produksi tahun 2008 lainnya, yaitu Sonbahar (Autumn), Tatil Kitabi (Summer Book), dan Gitmek: Denim Marlon ve Brandom (Gitmek: My Marlon and Brando).

Uc Maymun (109 menit), mengangkat kehidupan sebuah keluarga yang mengalami kehancuran komunikasi serius selama perjuangan mereka mengatasi kekerasan hidup. Sonbahar (99 menit), mengisahkan pergumulan seorang pria mantan narapidana politik yang baru keluar dari hukuman penjara selama sepuluh tahun. Film yang meraih berbagai pernghargaan dalam dan luar negeri ini merupakan film debut sutradara Ozcan Alper yang juga menulis ceritanya.

Tatil Kitabi (92 menit), film kisah drama keluarga yang disajikan dalam perspektif seorang anak berusia sepuluh tahun. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Seyfi Teoman. Sementara Gitmek (93 menit) disutradarai oleh Huseyin Karabey, dibuat berdasarkan kisah nyata tentang perjalanan luar biasa seorang perempuan Turki ke perbatasan Irak yang sedang mengalami peperangan. Selain pemutaran sinema, acara juga diperkaya dengan diskusi bersama penggiat film di Bali.

Kamis, 29 September 2011
Jam 17.00 Tatil Kitabi
Jam 20.00 Uc Maymun
Jumat, 30 September 2011
Jam 17.00 Gitmek: My Marlon and Brando
Jam 19.00 Diskusi
Jam 20.00 Sonbahar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s