KULTUR PESISIR DAN WARNA LOKAL SASTRA JEMBRANA

Program Sandyakala Sastra #14, Minggu, 14 Agustus 2011, Pukul 19.00 Wita

Nanoq Da Kansas

Sebagai kabupaten paling barat dan berbatasan dengan Banyuwangi, Jembrana memiliki keunikan tersendiri. Dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Bali, terutama Gianyar, corak sosial dan seni budayanya terbilang berbeda. Masyarakatnya berlatar pesisir, lebih multikultur dan egaliter, tercermin dari bentuk-bentuk kesenian yang hidup dan berkembang di sana, mencirikan ragam  akulturasi tertentu.

Sandyakala Sastra  kali ini mengundang sastrawan  Jembrana Wayan Udiana yang lebih dikenal sebagai Nanoq da  Kansas (46). Selain berbicara soal proses kreatif, baik sebagai penulis puisi/cerpen, teater, maupun penggiat musikalisasi, Nanoq yang lahir di desa Moding, Candikusuma ini juga akan menuturkan bagaimana kehidupan sosial di kotanya turut mewarnai keunikan ekspresi serta corak kesenian setempat.

Puisi-puisinya  dimuat di berbagai media lokal dan nasional, serta terangkum dalam beberapa antologi, diantaranya; “Teh Ginseng”, “Bunga Rampai Puisi Bali”, “Ladang Angin”, “Negeri Bayang-Bayang”, “Pukat 21”, “Gelak Esai dan Ombak Sajak”.  Nanoq pada tahun 1988 mendirikan Teater Kene. Tahun 1993,  membentuk Bali Eksperimental Teater (BET) pentas di banyak kota, termasuk Bnetara Budaya Jakarta. Bekerjasama dengan aktivis teater dari Belanda, Swis dan Taiwan. Kerap kali memfasilitasi berbagai acara temu budaya seperi Rembug Apresiasi Jembrana Bali Barat (1991-1999), Pekan Apresiasi Jembrana, Kongres Cerpen Indonesia II (2002) serta berbagai lomba di bidang sastra dan teater. Tahun 1998 Nanoq memprakarsai penerbitan jurnal Kertas Budaya. Dari jurnal tersebut Nanoq kemudian mendirikan sebuah komunitas bernama Komunitas Kertas Budaya yang didedikasikannya sebagai rumah baca, rumah diskusi serta penerbit buku alternatif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s