SUMUR TANPA DASAR

Program Teater

Workshop untuk umum : Minggu, 24 Juli 2011, Pukul 10.00 WITA

Pertunjukan                    : Minggu, 24 Juli 2011, Pukul 19.00 WITA

Walau ditulis 48 tahun silam, ketika Arifin C. Noer berusia 22 tahun, lakon ‘Sumur Tanpa Dasar’ tetap relevan bagi kehidupan masa kini. Lakon yang ditulis menjelang tragedi 1965 ini berhasil memotret sisi manusia modern yang tengah mengalami krisis eksistensi sekaligus kehampaan spiritual. Tokoh utama, yakni Jumena Martawangsa yang terbelenggu oleh keyakinan pada pikirannya sendiri mengalami kemelut batin berkepanjangan lantaran berbenturan dengan hati nuraninya sendiri. Sebagaimana karya Arifin lainnya, ‘Sumur Tanpa Dasar’ terbilang puitis, surealis dan simbolis, serta mengeksplorasi masalah psikologis tokoh-tokohnya yang senantiasa ada dalam simpang pilihan. Black Rose Theater dan Teater Pictorial sepakat memproduksi lakon ini secara bersama seraya melakukan kontekstualisasi pada isi dan garapan bentuknya.

Black Rose Theater dan Teater Pictorial adalah kelompok teater terkini dari kota Bandung, didirikan pada 2008 dan 2009, anggotanya rata-rata berusia 20 tahun. Pemanggungan lakon ‘Sumur Tanpa Dasar’ juga merupakan upaya generasi baru teater Indonesia dalam menafsir lapisan makna pada teks lakon generasi sebelumnya. Mereka juga menawarkan kemungkinan-kemungkinan baru seraya mengukuhkan eksistensi masing-masing sesuai dengan kecenderungan dan keyakinan yang dipilih kedua kelompok ini.

Selain dipentaskan di Bentara Budaya Bali, lakon ini juga digelar di berbagai kota, antara lain Gedung Kesenian Tasikmalaya, Taman Budaya Jawa Barat, Universitas Gajah Mada, Taman Budaya Mataram NTB, dan Sasana Budaya Singaraja Bali. Pimpinan produksi pementasan ini adalah Semi Ikra Anggara, penata artistik Irwan Jamal, dengan aktor Semi Ikra Anggara, Iqbal Ruswandita, Ayu, Christy, Zainal Arifin, May Ramadhan, Indrawan Setiadi, Sugih, Dedek Komadri, Agung, Anugerah Permana, Suherman, dan Agung Permana Putra. Penata musik Lawe NH, Dadan Lesmana, dan Isep Sunandar. Stage manager Cucu Lesmana.

Iklan

One response to “SUMUR TANPA DASAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s