WAYAN SUJANA SUKLU : RELATIONAL AESTHETICS

Minggu, 19 Juni 2011, Pukul 18.00 WITA

Praktek seni rupa kontemporer belakangan ini disibukkan oleh wacana metodologi seniman dalam berkarya, termasuk upaya-upaya menjadikan karya seni rupa yang tidak berjarak dengan publiknya. Metode partisipan dan interaksi atau relational aesthetics, dianggap memungkinkan karya seni hadir secara komunikatif dan berdampak sosial.  Perupa I Wayan Sujana Suklu meyakini metode itu dapat mendorong adanya partisipasi dan interaksi yang lebih hangat antara obyek karya dengan publik atau apresiatornya. Melalui workshop seni yang terbuka untuk umum ini,  Suklu, yang baru saja menyelesaikan Master-nya di ITB Bandung, mencoba membagikan pengalamannya, selaku seniman maupun pendidik, perihal pentingnya para kreator melakukan eksperimentasi berdasarkan pada metode tersebut.

Sebagai seniman yang sudah berpengalaman pameran dan memberi workshop di dalam maupun di luar negeri, Wayan Sujana Suklu, dosen di ISI Denpasar ini, secara lebih mendalam akan mengajak peserta untuk mengeksplorasi dan mengolah garis, tekstur serta warna selaras kecenderungan pribadi berikut karakter masing-masing.

I Wayan Sujana Suklu lahir di Klungkung, 6 Februari 1967. Karya-karyanya memperoleh berbagai penghargaan tingkat nasional dan internasional, semisal The Winner of Indofood Art Awards Competition, serta kerap diundang dalam pameran prestisius di dalam dan di luar negeri, tunggal ataupun bersama, antara lain Olympics Fine Art, Beijing, China; Beijing International Art Biennale, China; Exploring Culture, Verona Italy, Coln Jerman; Bali Jeju, Korea Selatan; Bangladesh XI Biennale; Asian Art Mosaic, Yaddo Art, Singapore, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s