TRIPLE 2 : NEW MUSIC FOR GAMELAN

A Tribute to Wayan Sadra

Minggu, 29 Mei 2011, Pukul 18.30 WITA

Dinilai berhasil melampaui dikotomi musik Barat dan Timur, Wrdhi Swaram bersama Gamelan Salukat akan menampilkan Musik Gamelan Baru. Kedua kelompok ini, masing-masing di bawah arahan I Wayan Gde Yudane dan Dewa Ketut Alit, bersiteguh menciptakan pertunjukan musik yang berkarakter dan memukau. Kedua komposer ini bereputasi internasional, dan kerap diundang berkolaborasi di berbagai panggung dunia. Kedua komposer ini memadukan secara kreatif musik aliran Barat dan Timur dalam komposisi yang utuh secara keseluruhan, orisinal sekaligus personal. Kolaborasi mereka di BBB kali ini secara khusus didedikasikan kepada Wayan Sadra (57), musikolog dan komposer yang wafat pada Kamis, 14 April 2011 di Solo.

Yudane, lahir di Kaliungu, Denpasar, menghasilkan karya musik konser, teater, instalasi maupun film. Meraih penghargaan Melbourne Age Criticism sebagai Creative Excellent pada Festival Adelaide, Australia (2000) berkolaborasi dengan Paul Gabrowsky; Penghargaan Helpman sebagai Musik Orisinal Terbaik, Adikara Nugraha dari Gubernur Bali sebagai Kreator Komposisi Musik Baru (1999). Tampil di Festival Jazz Wangarata, Australia (2001), keliling Eropa dengan Teater Temps Fort, Grup France and Cara Bali, juga Festival Munich dan La Batie. Karyanya: musik film ‘Sacred and Secret’ (2010), Laughing Water and Terra-Incognita, dan Arak (2004), serta sebagainya.

Dewa Ketut Alit, lahir di Pengosekan Bali, usia 13 tahun menunjukan bakat komposernya, bergabung dengan Tunas Mekar Pengosekan. Ikut mendirikan Gamelan Semara Ratih, melakukan tur ke Jepang (1992) dan Denmark (1994). Tahun 1997 mendirikan Gamelan Sanggar Seni Cudamani, pentas keliling Amerika Serikat (2005, 2006, 2007). Pemenang Pertama Festival Musik Tradisi Tingkat Nasional di Jakarta (2000) ini mendirikan Grup Gamelan Salukat tahun 2007. Ia kerap diundang mengajar di Universitas British Colombia, Kanada, Institute Technology Massachusetts USA, dan Helena College Perth, Australia. Sempat tampil di Tokyo, Boston dan Vancouver, Kanada.

Wrdhi Swaram

Music Director        Sang Nyoman Putra Arsawijaya

Manager                     I Ketut Widianta

Gamelan Salukat      

Music Director        I Dewa Ketut Alit

Manager                     Aya Sakuma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s