MALAM ANUGERAH SAWMA 2011

Monolog Cok Sawitri, Anugerah Seni untuk Dramawan Abu Bakar, Pembacaan dan Dramatisasi Puisi

Selasa, 31 Mei 2011, Pukul 18.30 WITA

Membawakan naskah ‘Bahaya Racun Tembakau’, Cok Sawitri akan menyikapi dan mengadaptasi secara kreatif karya Anton Chekov ini melalui pertunjukan monolognya. Pementasan tersebut menandai Malam Anugerah Seni Sastra Welang Monolog Award (SAWMA) 2011, sebuah lomba monolog se-Bali, digelar oleh Teater Sastra Welang, bekerjasama dengan Balai Bahasa Denpasar dan BBB.

Selain pembagian piala bagi para juara, diserahkan pula Anugerah Seni SAWMA Lifetime Achievement Awards kepada Dramawan Abu Bakar (67) atas dedikasinya pada seni pertunjukan di Bali selama ini.  Acara akan dirayakan juga dengan pembacaan puisi oleh beberapa penyair, serta dramatisasi puisi dari Muda Wijaya.

Cok Sawitri sempat berkolaborasi dengan Dean Moss dari New York dalam acara Dance Theater. Selain aktivis teater, Cok juga menulis artikel, puisi, cerita pendek dan novel. Karya-karya pertunjukannya antara lain Meditasi Rahim, Pembelaan Dirah, Permainan Gelap Terang,  Puitika Melamar Tuhan, Aku Bukan Perempuan Lagi, dan lain-lain. Pada tahun 2010, Cok Sawitri mementaskan Percakapan Sunya Nirvana di Ubud Writers And Readers Festival. Novelnya Janda Dari Jirah (2007) dan Sutasoma (2009). Ia menerima Anugerah Dharmawangsa tahun 2010.

Abu Bakar lahir di Denpasar, 1 Januari 1944. Pendiri Teater Poliklinik ini sudah puluhan tahun mendedikasikan hidupnya untuk seni pertunjukan, sastra dan film. Karya-karyanya antara lain Wanita Batu (Monolog, 2006), Bali Menangis (sinetron, 2004), Komedi Hitam, dll.  Bersama kelompok teater dari Perancis pentas keliling Indonesia membawakan  naskah Mayora (1980). Tahun 1990, berkolaborasi dengan Ikranegara mengadakan pertunjukan Berani-Beraninya Menunggu Godot.di Amerika. Menulis puisi, cerpen, novel dan skenario film, di antaranya Tuhanku Kupu-kupu (Cerpen), Lukamu Dukaku (sinetron, 1993), Surat Cinta (cerpen), Menunggu (novel), dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s