DUNIA BUKU DAN PERPUSTAKAAN DI BALI

Selasa, 24 Mei 2011, Pukul 18.00 WITA

Memaknai Hari Buku Nasional pada 21 Mei 2011, Pustaka Bentara akan menelisik dunia perpustakaan di Bali dan juga upaya-upaya penerbitan buku, baik oleh lembaga-lembaga resmi semisal Udayana University Press, atau atas inisiatif pribadi-pribadi yang peduli.

Bekerjasama dengan Taman Bacaan Nyuh Gading, penerima hibah koleksi buku dari Kompas-Gramedia, BBB menyelenggarakan dialog dengan pembicara Slamat Trisila (dari Pustaka Larasan) dan Direktur Penerbitan Universitas Udayana (Udayana University Press), Drs. Made Jiwa Atmaja, S.U. Akan coba dibahas pula bagaimana minat baca masyarakat Bali selama ini serta upaya-upaya meningkatkan budaya baca, termasuk hal mendasar yang dihadapi perpustakaan-perpustakaan sekolah, ujung terdepan dalam menumbuhkan kesadaran pentingnya membaca buku.

Drs. Made Jiwa Atmaja, S.U. (57) pengajar Fakultas Sastra UNUD, menulis sejumlah buku: Priangan si Jelita (1983), Masalah Angkatan dalam Sastra (1983), Puspanjali Persembahan untuk Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (1988), Kritik Sastra Kiri (2009), dan lain-lain. Jiwa Atmaja juga dikenal sebagai penulis esai yang produktif di berbagai media, seperti KOMPAS, Sinar Harapan, Media Indonesia, Basis, Horison, Bali Post dan sebagainya.

Slamat Trisila, SS. (41) sempat menjadi Pimpinan Redaksi Majalah Prapanca, Sekretaris Masyarakat Sejarawan Indonesia, sejak tahun 2001 mengelola secara pribadi Pustaka Larasan yang telah menerbitkan 60 judul buku, bekerjasama dengan KITLV Jakrta, Van Valenhoven Institute-Leiden, Forum Jakarta-Paris dan Yayasan Obor Jakarta.

One response to “DUNIA BUKU DAN PERPUSTAKAAN DI BALI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s