Pustaka Bentara ‘Buku Biografi Dan Dokumen Sejarah’

Selasa, 22 Maret 2011, Pukul 18.00 WITA

 

Buku-buku biografi, entah tokoh politik, negarawan, seniman, budayawan dan bahkan selebriti, kian digemari. Sebut saja kisah BJ. Habibie dan istri terkasih Ainun, atau sekian buku riwayat Gus Dur. Tapi sungguhkah memoar-memoar tersebut bisa sepenuhnya dianggap sebagai dokumen sejarah? Tidakkah buku jenis ini justru dipenuhi kisah-kisah pribadi yang sarat pandangan-pandangan subyektif dari tokoh bersangkutan? Bukankah kajian sejarah selalu berlandaskan pada data atau fakta yang obyektif? Di sisi lain, ada persepsi dalam masyarakat, bahwa hanya ‘tokoh’ dan bukan orang biasalah yang layak diabadikan dalam buku-buku biografi, benarkah anggapan ini?

 

Pustaka Bentara kali ini mengangkat topik seputar penulisan buku biografi. Pertanyaan-pertanyaan di atas akan coba diurai dan didalami oleh dua narasumber, DR. Nyoman Wijaya (sejarawan) dan Elza Peldi Taher (penulis), masing-masing telah menerbitkan aneka buku, termasuk memoar. Tentu akan dipaparkan pula kiat-kiat menulis mereka.

 

Nyoman Wijaya adalah dosen Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Udayana. Ia telah menulis sejumlah buku biografi, antara lain Biografi Si Pengembala Itik, John Ketut Panca (Pustaka Pelajar, 2001), Serat Salib dalam Lintas Bali (Yayasan Samaritan, 2003), dan sebagainya. Dirinya juga aktif menyusun makalah, penulisan esai populer serta kajian sejarah. Kini tengah menyelesaikan biografi sosial Sang Penemu Sostrobahu Tjokorda Raka Sukawati.

 

Elza Peldi Taher, yang sehari-hari bermukim di Jakarta, belum lama ini bersama Budi Sucahyono menulis biografi Soe’nan Hadi Poernomo, Birokrat Unik. Selain itu, ia juga menulis 70 Tahun Munawir Sjadzali, reaktualisasi Hukum Islam (Paramadina, 1993). Sebelumnya, tahun 1983-1988 ia bersama beberapa teman membentuk Kelompok Studi Proklamasi, dan tahun 1988 membentuk Lembaga Kajian Masyarakat Indonesia, serta bersama Komaruddin Hidayat dan Nurcholish Madjid mendirikan SMU Madania pada 1996.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s