Pameran Tunggal I Wayan Sudiarta ‘OUT OF THE LOCKER’

Pembukaan: Rabu, 30 Maret 2011, pukul 18.00 Wita

Pameran untuk umum: 31 Maret – 8 April 2011, pukul 10.00 – 18.00 Wita

 

Setiap kategorisasi adalah upaya untuk merumuskan pengertian tentang sesuatu, dan kemudian diyakini sebagai batasan yang baku. Akan tetapi, di lain waktu, tak sedikit pula yang menggugat ‘keabsahannya’. Terkait itu, I Wayan Sudiarta, melalui pameran tunggalnya, mencoba mengkritisi pandangan masyarakat perihal kategori ‘normal’ ataupun ‘abnormal’. Mengemuka dalam karyanya dua hal pokok, yakni bahasan seksualitas dan bahasa formal kesenirupaan.

 

Perupa kelahiran Peliatan, Ubud, 23 April 1969 ini, melontarkan gugatan akan keabsahan pandangan masyarakat tersebut dalam karya dua dan tiga dimensi terkininya, yang memperlihatkan kecenderungannya untuk ‘keluar’ dari ‘persembunyian’ (out of the locker).

 

Wayan Sudiarta adalah pengajar Seni Rupa di Universitas Pendidikan Ganesha Bali, sempat berguru pada para pelukis tradisi mumpuni seperti Wayan Gandera, Ketut Djudjul, Wayan Daging, dan Wayan Barwa. Menurut kurator pameran, Hardiman, yang bersangkutan kuasa mempertautkan sejumlah dialek rupa tradisi Bali dan idiolek miliknya dalam merespon persoalan global. Pelukis yang kerap berpameran di Singapura, Jerman dan Itali, serta banyak tempat di tanah air, menyadari bahwa budaya global merupakan fenomena yang terbentuk dari berbagai citra serta pertarungan aneka definisi yang penuh kontradiksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s