Akademika Bentara ‘Pers Kampus Tumbuhkan Budaya Pikir Kritis’

Minggu, 13 Maret 2011

Final Lomba Koran Dinding pukul 09.00 WITA

Diskusi Pukul 16.00 WITA

 

Dalam perjalanan sejarah di banyak negeri, mahasiswa selalu tampil sebagai pionir perubahan, bersikap kritis terhadap ketidakadilan di masyarakat. Mengawali reformasi,misalnya, mereka turun ke jalan, demonstrasi pun marak dimana-mana. Namun belakangan “aksi-aksi” itu seolah kehilangan momentum idealismenya, berubah jadi perkelahian antarkampus, dan bahkan antarfakultas. Gerangan apakah yang terjadi? Lebih jauh lagi, apakah mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya “wajib” semata melalui demontrasi? Mengapa tidak muncul sosok-sosok muda yang cerdas lagi bernas seperti Soe Hok Gie, Ahmad Wahib, ataupun nama-nama lain, yang dikenal tangkas dan jernih berpolemik melalui tulisan di media-media? Adakah hal ini indikasi kian pudarnya budaya tulis serta intelektualitas mahasiswa?

 

Pertanyaan-pertanyaan itu akan didiskusikan dalam dialog “Menumbuhkan Budaya Intelektual Pers Mahasiswa Untuk Kematangan Berpikir”, digelar Pers Mahasiswa Akademika Universitas Udayana. Menampilkan dua narasumber, I.G. Putu Artha (Anggota KPU-Pusat) serta Anton Muhajir (penulis lepas berbagai media cetak dan online), dialog ini juga membahas peran pers kampus dalam perkembangan daya kritis masyarakat secara luas. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Workshop Jurnalistik se-Bali tahun 2011, sebuah tradisi tahunan Pers Kampus Akademika, diselenggarakan sedari awal Februari 2011, mengagendakan Pelatihan Jurnalistik keliling Bali, Pelatihan Blog, Lomba Fotografi, serta Lomba Koran Dinding Pelajar se-Bali yang babak finalnya diadakan di Bentara Budaya Bali.

 

Semasa menempuh perkuliahan di Universitas Udayana, I.G. Putu Artha (41) dikenal aktif dalam pers kampus Akademika dan kerap menulis esai serta artikel jurnalistik, sekaligus bergiat dalam organisasi kemahasiswaan. Sementara itu Anton Muhajir juga alumni dari Unit Kegiatan Mahasiswa serupa, yang kini lebih sebagai freelancer media-media lokal dan nasional sekaligus mengelola Sloka Institute sert Bali Blogger Community di Bali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s