INFO TERKINI LOMBA CIPTA PUISI NASIONAL BBB 2011

Penerimaan naskah Lomba Cipta Puisi Nasional BBB 2011 telah resmi ditutup pada 20 Mei 2011, pukul 24.00 WITA (khusus via email). Panitia juga telah melakukan administrasi terhadap  puisi yang dikirimkan pada 20 Mei 2011 (cap pos).

Hingga kini, Rabu, 1 Juni 2011, terdapat lebih dari 1.300 karya yang masuk, dan masih akan terus bertambah jumlahnya, dikarenakan belum selesainya keseluruhan proses rekapitulasi naskah. Direncanakan, semua puisi peserta akan tuntas didata pada minggu pertama Juni.

Sebelumnya, panitia telah mengirimkan puisi-puisi peserta kepada para Dewan Juri dalam beberapa termin. Dijadwalkan, pada bulan Juni akan diadakan rapat Dewan Juri yang akan memilih puisi-puisi nominasi.

Terkait hal tersebut, panitia memohon maklum kepada para peserta. Informasi-informasi terkini seputar Lomba Cipta Puisi BBB 2011 akan senantiasa di-update dalam situs ini.

Terimakasih dan Salam!

an. Panitia Lomba Cipta Puisi BBB 2011

SEKILAS KETENTUAN LOMBA

Masyarakat Indonesia umumnya mengenal mitologi sebagai bagian yang tak terpisahkan dari unsur-unsur kepercayaan lokal. Sebelum agama-agama disebarkan serta dipeluk secara luas, mitologi telah memiliki peran penting dalam upaya kontrol sosial masyarakat melalui beragam tata nilai, norma serta amanat yang terkandung di dalamnya. Bahkan, hingga kini, kisah-kisah mite masih mengambil andil dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat berbagai daerah, baik sebagai warisan intangible culture maupun fungsi-fungsi lain yang bersifat edukatif dan rekreatif.

Hanya saja, oleh sebagian kalangan, utamanya generasi muda, cerita-cerita mitologi kini cenderung lebih dipandang sebagai kisahan biasa semata, tanpa memiliki muatan makna ataupun peran-peran sebagaimana yang disebutkan di atas. Di sisi lain, bila dibandingkan dengan karya-karya sastra ataupun penulisan populer yang kian berkembang dewasa ini, mitologi seringkali dipandang sebagai hasil cipta yang ketinggalan zaman, identik dengan tradisi masa silam serta tidak relevan mewakili kekinian kehidupan. Sebagai akibatnya, cerita-cerita rakyat ini semakin tidak mendapat tempat di lingkungan sosial berbagai daerah, terutama dalam keseharian para penerus bangsa.

Menimbang fenomena di atas, di tahun 2011, Bentara Budaya Bali mengadakan Lomba Cipta Puisi yang berangkat dari kisah-kisah mitologi berbagai daerah di Nusantara, dengan tema “Mitologi dalam Refleksi Kekinian”. Kompetisi dimaksudkan bukan semata sebagai upaya pengenalan kembali terkait ragam, ataupun muatan isi suatu mitologi, melainkan juga turut mendorong lahirnya karya-karya kreatif yang secara kritis menyikapi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sehingga dapat menjadi refleksi bagi kekinian bermasyarakat. Kompetisi ini memperebutkan Piala Bentara.

Simak Ketentuan dan Persyaratan Lomba Cipta Puisi Nasional Bentara Budaya Bali 2011, di bawah ini:

  1. Lomba ini terbuka bagi masyarakat umum se-Indonesia, tanpa batasan usia.
  2. Lomba Cipta Puisi ini bersifat perorangan.
  3. Tiap puisi yang disertakan dalam lomba wajib mengacu ataupun merespon tema yang telah ditetapkan Panitia, yakni “Mitologi Dalam Refleksi Kekinian
  4. Karya puisi yang dilombakan belum pernah diterbitkan dalam bentuk buku, dan dipublikasikan lewat media cetak atau online, serta tidak sedang diikutkan dalam lomba atau kegiatan serupa lainnya.
  5. Karya puisi yang diikutsertakan bukan saduran, terjemahan, plagiat atau pun murni menjiplak, baik sebagian maupun keseluruhan, dari naskah yang telah ada sebelumnya.
  6. Terkait ketentuan 4 dan 5 dibuktikan dengan surat pernyataan dari peserta lomba.
  7. Tiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya dengan melampirkan data diri dan pindai/fotokopi kartu identitas yang masih berlaku (SIM/KTP/Pasport, dll).
  8. Puisi wajib dikirim dengan format Times New Roman, 12 pt, spasi 1,5 melalui : Via email : ciptapuisibentarabali@yahoo.com, ATAU, Via Pos: Bentara Budaya Bali, Jalan By Pass IB Mantra 88 A, Ketewel, Gianyar Bali. Bagi peserta yang mengirim lewat pos, naskah wajib dicopy rangkap 4 (empat).
  9. Naskah diterima panitia selambat-lambatnya pada 20 Mei 2011
  10. Dewan Juri menetapkan 3 Pemenang Utama, Pemenang Harapan, dan 25 Nominator yang akan dibukukan, serta menjadi puisi wajib bagi Lomba Baca dan Dramatisasi Puisi se-Bali tahun 2011 (Juli 2011)
  11. Total hadiah untuk keseluruhan lomba adalah Rp 10.000.000,00. Selain uang tunai, pemenang juga mendapat trophy, piagam dan hadiah lainnya. Para finalis Juara akan diundang khusus untuk menghadiri puncak acara di Bentara Budaya Bali.
  12. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
Iklan

104 responses to “INFO TERKINI LOMBA CIPTA PUISI NASIONAL BBB 2011

    • Dear Tantie,
      Kriteria penilaian lomba ini sama dengan penjurian pada umumnya, semisal keluasan penggunaan bahasa ataupun kekayaan makna yang diungkapnya. Namun dalam lomba ini, sebagaimana tertera juga pada tema dan latar belakang kegiatan, diharapkan para peserta dapat mengeksplorasi sekaligus merefleksikan mitologi Indonesia sekreatif mungkin.

      Ditunggu karya-karyanya ya,
      Salam..

  1. Hmm, asyik juga nih. Kalau boleh tahu, panitia dan dewan jurinya siapa saja ya? Terus loma bacanya kapan dan bagaimana persyaratannya? Makasih infonya.

    • Halo Nana,
      Lomba ini digelar oleh Bentara Budaya Bali, bekerjasama dengan UKM Udayana Scientific Club. Lomba baca dan dramatisasi digelar bulan Juli, informasinya tentu kita upload juga di blog ini. Untuk Dewan Juri, berasal dari penulis dan penggiat sastra, baik di Bali, serta pastinya Indonesia.

      Jangan lewatkan infonya di blog ini ya…
      Salam!

  2. terimakasih infonya:)
    untuk teman2 yang suka menulis mari kita rayakan pesta penulisan in
    semangat untuk semua:)

  3. Mau ikut juga, sekalian tanya.. Identitasnya itu yang berlaku saat inikah? jika sedang di luar negeri berarti menggunakan pasfort ya?

  4. Mulai kapan pengiriman karya puisi?
    Saya sudah membuat 1 buah puisi dan siap untuk saya kirim, tinggal scan Surat Pernyataan (tanda tangan belum ada)
    Mudah2an karyaku mendapatkan juara I sebab karyaku sangat unik menurut aku, pasti penyelenggara akan penasaran isi puisi saya. Sebagai gambaran, karya saya adalah sebuah mitos yg belum tereksplorasi dan herannya, wujudnya sampai sekarang ada dalam kehidupan kami di provinsi gorontalo. Amin

  5. surat pernyataannya harus ada tanda tangannya? dan apakah harus diatas materai?
    klu memang begitu berarti surat pernyatannya di scan y?

    • Hai Romli,

      Surat pernyataan itu intinya menegaskan bahwa karya-karya kamu adalah murni hasil cipta sendiri, bukan plagiat apalagi jiplakan, dan isinya belum pernah dimuat, baik sebagian atau seluruhnya, pada media-media cetak maupun di situs-situs internet dan jejaring sosial semisal FB, Twitter atau lainnya. Dijelaskan pula, bahwa puisi kamu kini tidak sedang diikutsertakan pada lomba-lomba sejenis.

      Oya, lomba ini tidak dikenakan biaya apapun.

      Terimakasih dan salam!

    • Hai Evan,

      Kendati kirimnya via email, baiknya surat pernyataan tetap ditandatangani ya. Sebagai bukti bahwa kamu yang buat surat itu.

      Terimakasih ya. Mohon juga sampaikan informasi lomba ini kepada kawan-kawan lainnya…

      Salam…

  6. .. eumh ,, seruu .. na pngen ikutan .. tp tar info pmenangnya msti stay ia d situs ini ?????
    .. apa ga lewat tlp ato surat gt ???
    ..

    • Hai,

      Ya, selain diumumkan via situs ini, para finalis dan nominator akan kami informasikan baik via email ataupun telepon. Jadi, bila mengirimkan karya, mohon disertakan data diri serta nomor telepon dan email yang dapat dihubungi ya.

      Salam…

  7. saya ada rencana ikut,
    tp mengenai surat pernyataan diri tersebut, saya kurang tahu formatny,
    bs diberi tahu ga??
    thx

    • Halo,

      Mengenai format surat pernyataan, bebas saja. Yang penting, di dalamnya menerakan bahwa puisi anda (judulnya) adalah benar karya sendiri, bukan saduran, ataupun jiplakan, baik sebagian ataupun seluruhnya, dari karya yang telah ada sebelumnya. Dijelaskan pula bahwa puisi tersebut tidak sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis, dan juga tidak pernah dimuat di media cetak, elektronik, ataupun situs-situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau lainnya.

      Terimakasih ya…
      Salam BBB.

    • Halo Sahabat,

      Menimbang dalam beberapa waktu ini kiriman naskah mulai padat, panitia mohon maaf tidak dapat membalas keseluruhan email yang masuk. Namun kami tetap pastikan serta terus melakukan kroscek ke spam email guna memastikan semua naskah telah direkapitulasi untuk disertakan dalam proses penjurian. Apabila terdapat persyarakat administrasi yang belum lengkap (data diri, surat pernyataan ataupun nomor telepon), biasanya akan kami sampaikan dalam email kepada yang bersangkutan.

      Namun tak ada salahnya juga bila Anda senantiasa cek email sendiri, guna memastikan tidak ada failure message.

      Terimakasih banyak ya.
      Salam Puisi!

  8. hmmm…..mf sebelumnya….mksd dari “mitologi dalam refleksi kekinian ” itu apa…?? apakah kita menceritakan kembali…atau pandangan mitos pada jaman sekarang…tlng ya…??

    • Hai,

      Terkait tema lomba, diharapkan para peserta dapat membuat suatu pemaknaan atas mitologi di Indonesia, baik dengan menceritakan ulang, mempertanyakan relevansi nilainya dengan kekinian, ataupun lain sebagainya. Pada dasarnya, peserta dipersilakan menginterpretasi kisah-kisah mitos di daerah, serta merefleksikannya dengan kehidupan kekinian.

      Terimakasih ya. Ditunggu karya-karya Anda.
      Salam…

    • Wah, pertanyaan bagus.

      Kami mohon maaf, panitia hanya memberikan sertifikat bagi para nominator serta para pemenangnya saja. Untuk peserta lainnya, mohon maaf sekali, kami belum dapat menyediakannya.

      Matur suksma dari Bali,
      Salam…

  9. Halo,,,, saya mau tanya… mitologi yang diangkat/direfleksikan dalam puisi itu sebaiknya mitologi yg ada di Bali atau mitologi apapun yang ada di Indonesia? Seandainya sedikit memasukkan unsur mitologi asing diperkenankan atau tidak? Terima Kasih…

    -Salam Budaya-

    • Halo,

      Ya, Anda dapat merespon atau mengangkat mitologi apa saja, boleh dari Bali, boleh juga dari daerah lainnya. Itu tidak masalah. Namun ditunggu ya karyanya, terutama hingga 20 Mei 2011. Jangan lupa sertakan data diri, nomor telepon/email, juga surat penyataannya.

      Terimakasih…

  10. Salam Sastra..
    Mau tanya kalo sudah ikutan, apa finalis musti ikut yang seumpama tidak ikut waktu acara dan diumumkan menang bagaimana? apa didiskualifikasi?

    • Halo,
      Bagi para finalis, kita harapkan untuk hadir dalam acara di Bali ya. Panitia sendiri belum dapat memastikan, apakah teman-teman yang terpilih sebagai finalis namun ternyata tidak hadir akan didiskualifikasi atau tidak. Bila telah ada kabar lebih jauh, tentu kami sampaikan.

      Salam..

      • Terima kasih atas jawabannya.. Saya khawatir dengan tidak dapat hadir seumpama menjadi finalis 25 nominator yang terpilih, ternyata bagi yang terpilih diundang dan upaya akomodasi dari panitia. Syukurlah, karena tempat tinggal saya sangat jauh dari Bali.

  11. Maaf, saya mau tanya. Untuk para juara yang diundang panitia nantinya, apakah biaya perjalanan dan akomodasi lainnya ditanggung peserta atau difasilitasi panitia?

  12. Kak mau tanya, pengumuman melaui apa??

    Sepertinya ini benar-benar bagus untuk digunakan sebagai ajang kreasi, meningkatkan semangat menulis dan tidak melupakan mitologi yang ada. . Mungkin benar kata orang bahwa Sastra bisa mengubah dunia menjadi lebih indahh..

    • Halo,

      Pengumuman pemenang nantinya bisa dilihat di blog ini. Selain itu, Panitia juga akan menghubungi para finalis via email, telepon, dan juga surat khusus.
      Ditunggu karya-karya kamu dan teman-teman lainnya ya.

      Terimakasih.

  13. Saya sudah mengiriman satu kuplet puisi untu lomba sekitar 2 bulan lalu. Tapi tidak ada jawaban sudah sampai atau belum dari panitia, selain dijawab sent oleh email. Apakah puisi saya sudah diterima, kalau belum, akan saya kirim lagi. Sebelum terlambat. Tks.

  14. Panitia YTH
    Sekali lagi saya mohon konfirmasi. Saya telah mengirimkan satu buah puisi berjudul “Tentang Perempuan” berikut persyaratannya, untuk disertakan dalam lomba ini melalui email sekitar awal-awal pengumuman lomba ini dipasang di Kompas. Namun saya belum mendapat konfirmasi apakah puisi saya itu telah sampai dengan selamat di email panitia. Mohon jawaban agar saya dapat putuskan meng-email kembali bila belum diterima. Terimakasih.

    Herman Syahara
    Pen Name

  15. saya pengen tau nich, apakah para juara boleh ngebacain sendiri puisinya kalo ternyata nanti menang? btw, saya udah kirim puisi apakah saya boleh tau puisinya sudah masuk apa belum ya? thanks untuk jawabannya ya… 😉

  16. saya pengen tau nich, apakah para juara boleh ngebacain sendiri puisinya kalo ternyata nanti menang? btw, saya udah kirim puisi dengan title “basapa” via email, apakah saya boleh tau puisinya sudah masuk apa belum ya? thanks untuk jawabannya ya… 😉

  17. Saya juga mau tanya, apakah jika mengirimkan puisi via email melalui HP tidak boleh, karna saya tidak punya komputer. Atas balasannya nanti mohon di kirim via email akbarsyakchy@ymail.com atau no hp 085341113594. Terima kasih atas kebijakannya. Maju Terus Bentara Budaya Bali, teruslah menginspirasi pemuda Indonesia agar terus berkarya.

    Dari Akbar Anto

  18. mohon toleransinya ya admin..
    untuk surat pernyataan tidak di tanda tangani gpp de..
    uda terlanjur ngirim nih..
    T,T

  19. mau tanya, data diri dan surat pernyataan boleh difoto tidak? berhubung saya tidak punya scanner, soalnya kalau minta discan ke warnet, takutnya data diri kita disalahgunakan oleh pihak warnet. trims..

  20. Saya sudah mengirim puisi saya, apakah sudah sampai?
    Mohon konfirmasinya…
    Terima kasih.

  21. saya telah mengirim naskah puisi. tolong dikonfirmasi apakah masuk atau tidak. makasih sblumnya.

  22. Dalam ketentuan tidak dijelaskan secara spesifik pukul berapa batas waktu pengiriman naskah, yang ada hanya tanggal 20 Mei. Maka, beberapa waktu lalu saya mengirimkan naskah, sekitar pukul sebelas malam lebih. Nash, ternyata saya baru ingat bahwa Bali masuk dalam WITA, sedangkan daerah saya, Yogyakarta, masuk WIB. Pertanyaan saya, naskah tersebut masih dapat diikutkan atau tidak. Mengingat bahwa pada waktu pengiriman naskah, di Bali sudah tanggal 21 Mei. Terima kasih

  23. saya mengirimkan naskah beserta kelengkapan lainnya lewat email pada tanggal 20 Mei 2011 kurang lebih pukul 17.00 WIB (medan)…apa naskah saya masih diterima dan diikutsertakan dalam lomba? terima kasih//

  24. salam budaya,,,,
    Oh ya, katanya pemenangnya akan dr tgl 24, slh satunya umumkan lewat situs/blog ini. kok smpai skrg blm dicantumkn juga??
    Jadi kami mohon tolong dpublikasikan ato dcantumkan pemenang bserta nominatornya, paling tidak biar pserta bsa tahu & slh satu motivasi untuk slnjutnya….
    salam…

  25. Ternyata antusias masyarakat thd lomba ini luar biasa tinggi. Mudah2n kegiatan ini dpt memberikn warna thd perkembangan sastra Indonesia. Sy berharap, kegiatan serupa ini dpt terus diadakan di tahun2 berikutnya,mungkin jg dg tema berbeda. Semoga.

  26. Salam budaya,
    Sekarang sudah tanggal 16 juni, tapi kok belum ada kabar tentang pengumumannya? Kalau misalkan diundur, mohon pemberitahuaanya. Terimakasih

  27. YTH. Panitia lomba, mhon info, apa pngumuman lombanya sudah ada? & jika ada, dapat saya lihat dimana? Mhon jawaban. Terimksh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s